Risma: Tidak Perlu Takut Bangsa Ini Runtuh

News - Maikel Jefriando, CNBC Indonesia
27 July 2021 16:20
Menteri Sosial Tri Rismaharini (Biro Pers Sekretariat Presiden/ Lukas)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Sosial Tri Rismaharini meminta masyarakat tidak pesimis dalam menghadapi pandemi covid-19. Persoalan ini memang belum selesai, namun pemerintah dan semua pihak berjuang keluar dari pandemi.

Salah satu yang diupayakan adalah dengan meningkatkan semangat gotong royong.

"Seperti si A punya uang, si B bisa masak dan si C punya semangat gotong royong dan peduli berbagi, jika disinergikan akan menjadi kekuatan yang luar biasa. Jadi tidak perlu takut bangsa ini akan runtuh selama ada semangat gotong royong dan peduli kepada orang lain," kata Risma dalam keterangan tertulis, Selasa (27/7/2021)


Ini akan sangat membantu ketika ada warga yang menjalani isolasi mandiri (isoman). Warga juga tidak perlu berbondong-bondong ke rumah sakit (RS) bila dengan gejala ringan.

"Warga harus peduli dengan memberikan makanan kepada orang yang isoman sehingga ia tidak perlu keluar rumah membeli makan yang berpotensi menulari satu warung. Ini contoh nyata kepedulian dalam semangat gotong royong yang melindungi dan sayang kepada orang lain," terangnya.

Risma menyadari pemerintah tidak akan bisa berjuang bila tidak ada peran serta masyarakat serta pemangku kepentingan lainnya,

"Konsep gotong royong yang kita lakukan itu bisa meringankan penanganan pandemi Covid-19, sebab dalam gotong royong itu ada tanggung jawab, ada rasa persaudaraan senasib sepenanggungan. Kita harus kembangkan lagi semangat gotong royong itu," paparnya.

Dalam semangat gotong royong, kata Risma, mesti percaya bahwa ada kekuatan yang bisa menyelesaikan berbagai persoalan bangsa seberat apapun, tapi dengan syarat tidak bergerak masing-masing ataupun sendiri-sendiri.

"Saya percaya segala macam persoalan bangsa kita bisa diselesaikan secara bersama-sama selama ada semangat bergotong royong dan tidak bergerak sendiri-sendiri, serta bukan kamu-kamu dan gue-gue hal itu sudah pasti tidak menjadi solusi," katanya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Cair! Silakan Cek Bantuan Jokowi di cekbansos.kemensos.go.id


(mij/mij)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading