Jokowi Bakal Tunjuk Menkes Baru, Risma Jadi Mensos?

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
21 December 2020 13:35
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokow) dikabarkan akan segera melakukan perombakan kabinet (reshuffle). Para calon menteri bahkan sudah bertemu dengan Menteri Sekretaris Negara Pratikno sejak beberapa hari lalu.

Reshuffle menjadi kebutuhan mendesak. Jokowi disebut telah melakukan evaluasi dalam beberapa bulan terakhir terhadap kinerja para menterinya, terutama dalam penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional.

Sumber tersebut mengatakan, ada sejumlah nama besar yang akan diganti dari posisinya saat ini. Salah satunya, adalah Terawan Agus Putranto yang menjabat sebagai Menteri Kesehatan.


Kinerja Terawan Agus Putranto memang kerap kali dipertanyakan oleh sejumlah pihak. Terawan bahkan sempat 'menghilang' karena tak pernah muncul di hadapan publk untuk menginformasikan perkembangan Covid-19.

Budi Gunadi Sadikin, yang saat ini menjabat sebagai Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) disebutkan menjadi kandidat terkuat sebagai pengganti Terawan dalam memimpin Kementerian Kesehatan.

Kebetulan sejak Juli lalu, Budi yang juga menjabat sebagai Ketua Satuan Tugas Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) telah terlibat langsung dalam menangani pandemi Covid-19.

Next, Tri Rismaharini Jadi Menteri Sosial?

Sumber CNBC Indonesia lainnya mengatakan, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dan Sandiaga Salahuddin Uno menjadi kandidat terkuat mengisi posisi menteri.

Risma dikabarkan akan mengisi posisi Menteri Sosial menggantikan Juliari Batubara yang tersandung kasus korupsi. Posisi Menteri Sosial kini dipegang sementara oleh Menko Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy.

Kabar ini kemudian dikonfirmasi oleh Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPD Partai Solidaritas Indonesia Surabaya Yusuf Lakaseng. "Informasi itu valid, dari sumber yang valid" kata Yusuf.

"Bu Risma diminta oleh Pak Jokowi menjadi pengganti Juliari Batubara yang ditangkap KPK. Bu Risma sudah ditelepon oleh pak Jokowi. Kita tunggu saja pengumumannya," jelasnya.

Sandiaga Uno, kemudian disebut akan menggantikan posisi Edhy Prabowo sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan. Edhy Prabowo telah mengundurkan diri dari jabatannya pasca tersangkut kasus dugaan korupsi ekspor benih lobster.

Namun, kabar terkini menyebutkan Sandiaga Uno justru bakal mengisi posisi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Sandiaga bakal menggantikan posisi Wishnutama Kusubandio.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Kabar Reshuffle Kabinet Jokowi: dari Risma sampai Sandiaga


(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading