Sst.. Jokowi-Ma'ruf Rapat Khusus! Reshuffle Kabinet Rabu Pon?

News - Muhammad Iqbal, CNBC Indonesia
21 December 2020 11:37
Presiden dan Wakil Presiden RI, Joko Widodo dan Ma'ruf Amin memimpin rapat terbatas (Biro Pers Sekretariat Presiden/Lukas)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin dikabarkan menggelar rapat khusus pada hari ini, Senin (21/12/2020). Salah satu topik berkaitan dengan reshuffle atau kocok ulang Kabinet Indonesia Maju yang dikabarkan akan dieksekusi pada Rabu Pon, 23 Desember 2020.

Juru bicara Wapres, Masduki Baidlowi, mengatakan rapat antara Presiden dan Wapres membahas situasi terkini. Tidak tertutup kemungkinan membahas kocok ulang kabinet.

"Ya kan banyak isu terkait pergantian menteri dan segala macam, saya nggak tahu, karena nggak ada penjelasan," kata Masduki, Senin (21/2/2020).

Sementara itu, Ketua Umum Relawan Jokowi Mania (JoMan), Immanuel Ebenezer atau Noel, mendapat informasi Jokowi bakal mengumpulkan menteri-menteri hari ini. Noel mendengar Jokowi akan membahas reshuffle.

"Iya, ngebahas soal reshuffle," kata Noel, sapaan akrabnya, dikonfirmasi terpisah.



Seperti diketahui, isu reshuffle mengemuka jelang akhir tahun ini. Semua tak lepas dari penahanan dua eks menteri dalam Kabinet Indonesia Maju, yaitu mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo dan eks Menteri Sosial Juliari Batubara.

Sejumlah partai politik, seperti PPP dan NasDem, menyarankan kepala negara melakukan reshuffle secepatnya sebelum pergantian tahun 2020. Parpol pendukung Jokowi tersebut tak ingin ada kursi menteri yang kosong karena bisa menghambat kinerja kementerian.

"Kalau melihat situasi terkini, reshuffle merupakan kebutuhan. Paling tidak sebelum 2020 berakhir semua pos kementerian sudah terisi sehingga tahun 2021 bisa langsung nyetel lagi dengan program-program untuk menerjemahkan visi-misi Presiden," kata Wasekjen PPP Achmad Baidowi.

BERITA SELENGKAPNYA >>> KLIK DI SINI



[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Diam-diam, Jokowi-Ma'ruf Gelar Rapat Omnibus Law Ciptaker


(miq/dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading