Tertinggi! Ini Rincian Gaji PNS Pajak & Tunjangannya

News - Lidya Julita S., CNBC Indonesia
21 December 2020 10:15
[THUMB] Gaji Ke-13 PNS

Jakarta, CNBC Indonesia - Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Aparatur Sipil Negara (ASN) boleh dibilang salah satu yang tidak terdampak pandemi Covid-19, terutama untuk gaji dan segala tunjangannya.

Sebab, gaji dan tunjangan yang diterima PNS pada tahun ini tetap, tanpa ada potongan. Bahkan untuk tahun depan, gaji PNS direncanakan akan naik melalui perombakan komponen gaji yang saat ini tengah dibahas di kementerian dan lembaga (K/L) terkait.

Dengan demikian, total gaji yang diterima (take home pay) PNS akan semakin besar, terutama PNS di Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan.


Diketahui, yang membedakan gaji setiap PNS adalah tunjangan kinerjanya. Nominal tunjangan yang didapat masing-masing PNS berbeda-beda tergantung pada lokasi penempatan, misalnya pusat dan daerah.

Lalu, ditentukan pula oleh instansi ia bekerja, misalnya yang terbesar ada di Kementerian Keuangan. Di Kementerian Keuangan sendiri, unit yang memiliki penghasilan tertinggi untuk PNS adalah Direktorat Jenderal Pajak (DJP).

Apalagi, bila DJP bisa mengamankan penerimaan negara dari perpajakan, maka bukan tidak mungkin tunjangan kinerja (tukin) yang didapat mencapai 80% sampai 90%.

Besaran Gaji dan Tukin PNS DJP
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading