Menteri ESDM Minta BUMN Ramai-ramai Pasang PLTS!

News - Anisatul Umah, CNBC Indonesia
18 December 2020 16:55
Dok: PTBA

Selain Pertamina, PT Bukit Asam Tbk (PTBA), BUMN Sektor pertambangan batu bara pun kini tengah mengembangkan PLTS Atap. PTBA membangun PLTS berkapasitas 241 kilowatt peak (kWp) di atap Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng.

Tak hanya itu, PTBA juga memiliki beberapa proyek PLTS yang sedang dibangun, antara lain:

- Proyek CSR Pembangunan PLTS untuk Pompa Irigasi


PTBA memiliki 3 proyek pengembangan PLTS untuk pompa irigasi yang masuk dalam program Corporate Social Responsibility (CSR).

1. PLTS Irigasi Pesawaran, Lampung (Operasi Oktober 2020)

Diresmikan pada hari ini, Selasa (6/10/2020), bantuan Pompa Irigasi yang diberikan oleh PTBA terletak di Desa Trimulyo Kecamatan Tegineneng Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung dan akan beroperasi di tahun ini.

Pompa yang digunakan merupakan pompa jenis Submersible. Pompa tersebut memiliki kapasitas 50 liter/detik dengan head 10 meter. Bantuan tersebut terdiri dari 1 unit Pompa Submersible, 1 unit inverter, 1 unit bak intake ukuran 3x3 meter dengan kedalaman 6 meter.

Pompa irigasi ini akan dialiri listrik dari PLTS berkapasitas 38.500 watt yang berasala dari 140 keping panel surya. Pengoperasian PLTS Ini dioperasikan melalui rumah panel kontrol seluas 4x4 meter dan pipanisasi sepanjang 50 meter.

Listrik yg dihasilkan oleh pompa tersebut adalah 35.000 watt, sementara untuk kebutuhan Pompa Irigasi di Desa Trimulyo ini hanya 25.000 watt. Lahan yg akan dialiri seluas 167 hektar dengan jarak dari danau ke lahan lebih kurang 1 kilometer.

2. PLTS Irigasi Talawi, Sawahlunto (Beroperasi sejak 2019)

Bantuan Pompa Irigasi PLTS di Desa Talawi Mudik Kota Sawahlunto ini beroperasi sejak tahun 2019 dan memiliki kapasitas 50 liter/detik dengan head 50 meter.

Bantuan tersebut terdiri 1 unit pompa submersible, 1 unit inverter, 1 unit bak intake ukuran 3x3 meter dengan kedalaman 6 meter.

Listrik untuk pompa irigasi dengan daya 11 kW ini akan dialirkan oleh PLTS Talawi berkapasitas 16,5 kW yang dioperasikan melalui rumah panel kontrol 1 unit, 142 keping panel surya, dan pipanisasi sepanjang 1,2 km.


3. PLTS Irigasi Tanjung Raja (Rencana Beroperasi di 2020)

Bantuan Pompa Irigasi Tenaga Surya di Desa Tanjung Raja Kecamatan Muara Enim Kabupaten Muara Enim akan beroperasi di tahun ini. Pompa tersebut merupakan Pompa Jenis Submersible yang memiliki kemampuan dapat menyedot air yang mengandung lumpur. Kapasitas pompa tersbut adalah 50 liter/detik dengan head mencapai 30 meter.

Bantuan tersebut terdiri 1 unit pompa submersible, 1 unit inverter, 1 unit bak intake berukuran 1,5x3 meter dengan kedalaman 4 meter. Pompa irigasi berdaya 11 kW ini akan disokong listriknya oleh PLTS berkapasitas 18,7 kW yang menggunakan 140 keping panel surya.


- Bantuan PLTS untuk Yayasan Az-Zawiyah (Rencana Operasi 2020)

Yayasan Az-Zawiyah terletak di Desa Tanjung Batu Kabupaten Ogan Ilir, dan menyediakan Pendidikan secara gratis kepada para siswanya. Mayoritas siswa yang bersekolah di yayasan tersebut berasal dari keluarga kurang mampu.

Listrik yang dihasilkan oleh PLTS adalah 6 kWp atau setara dengan 6.849 watt. Kebutuhan listrik yang diperlukan oleh Yayasan tersebut adalah sekitar 5.520 watt.

- PLTS Lahan Pasca Tambang Ombilin 100 MW (Perencanaan)

PTBA berencana menggarap proyek pengembangan PLTS di lahan pasca tambang milik perusahaan yang berada di Ombilin, Sumatera Barat. Lahan tambang yang sudah ditetapkan oleh UNESCO sebagai salah satu world heritage ini akan terpasang PLTS dengan kapasitas mencapai 200 WmP.


[Gambas:Video CNBC]

(wia)
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading