Menteri ESDM Minta BUMN Ramai-ramai Pasang PLTS!

News - Anisatul Umah, CNBC Indonesia
18 December 2020 16:55
Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). (CNBC Indonesia/ Andrean Krtistianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif meminta Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk memasang Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap sebagai bentuk kontribusi dalam meningkatkan energi baru terbarukan.

Seperti diketahui, salah satu BUMN yang baru saja mengembangkan PLTS Atap yaitu PT Pertamina (Persero). Pertamina telah membangun PLTS Atap di 63 Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU).


Arifin pun berharap BUMN lainnya juga turut membangun PLTS Atap ini.

"Kami harap tidak hanya Pertamina saja, barangkali langkah Pertamina yang saat ini dilaksanakan bisa diikuti BUMN-BUMN lain," ungkapnya dalam acara Peresmian PLTS Rooftop 63 SPBU secara daring, Jumat (18/12/2020).

Sementara kepada Pertamina yang telah mengembangkan PLTS Atap ini, dia pun meminta agar Pertamina terus meningkatkan kreativitas dan inovasinya dalam mengembangkan EBT yang potensinya sangat besar. Dengan pengalaman selama 63 tahun, Arifin yakin Pertamina akan mampu melaksanakannya.

"Kami berharap Pertamina terus meningkatkan kreativitasnya dan inovasi dalam mengembangkan EBT," tuturnya.

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati dalam acara 'Peresmian PLTS Rooftop 63 SPBU' mengatakan Pertamina memiliki 7.000 SPBU yang tersebar di seluruh Indonesia. Nicke yakin ke depannya PLTS Atap ini bisa dikembangkan ke seluruh SPBU sebagai bentuk komitmen Pertamina meningkatkan bauran energi baru terbarukan.

"Hari ini kita masuk ke hilir, dalam bentuk listrik. Kita ada 7.000 SPBU yang tersebar di Indonesia. Ini adalah langkah awal kita saat ulang tahun ke-63, kita mulai di 63 SPBU. Dengan bisnis model ini, kami akan melanjutkan ke seluruh SPBU," papar Nicke.

Pemerintah terus berupaya dalam mengejar target bauran energi 23% pada tahun 2025 mendatang. Salah satu langkah yang diambil yakni dengan menggenjot pemanfaatan PLTS.

Pemerintah menargetkan peningkatan kapasitas terpasang PLTS melonjak menjadi 17.687 mega watt (MW) atau 17,6 Giga Watt (GW) pada 2035 dari saat ini masih 0,15 GW. Kapasitas tersebut berasal dari PLTS skala besar, PLTS substitusi Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD), dan PLTS atap.

PTBA juga Punya Proyek PLTS Atap
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading