Ini Harapan Sri Mulyani Jelang Akhir 2020, Apa Saja Ya?

News - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
16 December 2020 14:27
Konferensi pers APBN KiTa November 2020 (Tangkapan Layar Youtube Kemenkeu RI)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memiliki harapan di akhir tahun 2020 ini. Perempuan kelahiran 26 Agustus 1962 ini berharap libur akhir tahun bisa membantu upaya pemulihan ekonomi nasional.

Namun demikian, Sri Mulyani tetap mengingatkan agar masyarakat harus mewaspadai adanya ancaman kenaikan kasus Covid-19 saat libur hari raya natal dan tahun baru. Karena di momen itu biasanya aktivitas ekonomi masyarakat meningkat.

Karena adanya kenaikan kasus penularan Covid-19 yang signifikan di Indonesia, mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu berharap adanya libur natal dan tahun baru tidak menimbulkan penambahan kasus baru lagi.


"Kalau libur, saya berharap identik dengan ekonominya pulih, namun kasusnya (Covid-19) tidak naik," kata dia dalam webinar, Rabu (16/12/2020).

Sri Mulyani juga menceritakan, saat ini beberapa negara di dunia tengah menghadapi gelombang kedua pandemi Covid-19 karena adanya kenaikan kasus. Akibatnya, kebijakan pengetatan harus kembali diterapkan untuk mencegah penyebaran Covid-19 yang justru berdampak terhadap ekonomi.

Untuk itu, dia mengingatkan penerapan protokol kesehatan merupakan sesuatu yang wajib oleh semua pihak. Masyarakat harus senantiasa memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

"Kita lihat di Indonesia menjelang akhir tahun kita harus mewaspadai, karena banyak masyarakat kita yang akan menghadapi masa libur," ungkapnya.

"Jadi kita bisa terus melihat kenaikan dari kegiatan ekonomi dan mobilitas tanpa kemudian menimbulkan penularan. Ini semua hanya bisa terjadi kalau kita melakukan protokol kesehatan, memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan," kata Sri Mulyani melanjutkan.


[Gambas:Video CNBC]

(wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading