Harapan Sri Mulyani: PDB Kuartal IV-2020 Dekati 0%

News - Lidya Julita S, CNBC Indonesia
11 December 2020 17:01
Menteri Keuangan Sri Mulyani (Tangkapan Layar BNPB Indonesia)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati berharap perekonomian Indonesia pada kuartal IV bisa kembali ke titik netral. Setidaknya perekonomian Indonesia bisa tumbuh 0%.

Harapan ini muncul karena melihat perbaikan perekonomian yang sudah terjadi sejak kuartal III lalu. Ia pun berharap perbaikan bisa berlanjut hingga akhir tahun ini.

"Kontraksinya sekarang di sekitar 3% dan kita berharap di kuartal IV akan makin mendekati nol (%)," kata dia dalam webinar virtual, Jumat (11/12/2020).


Diketahui, kontraksi terdalam perekonomian terjadi pada kuartal II yakni -5,32%. Kemudian pada kuartal III kontraksinya berkurang menjadi -3,49%.

Dengan demikian kuartal akhir tahun ini diharapkan bisa ke titik netral sehingga pada tahun depan perekonomian bisa kembali ke zona positif. Apalagi perekonomian Indonesia pada tahun depan dipatok sebesar 5%.

Untuk mencapai target tersebut, Ia mengatakan pemerintah menggunakan semua kebijakan. Terutama untuk membantu masyarakat miskin yang paling terdampak Covid-19 hingga pelaku usaha agar bisa tetap bertahan di situasi sulit ini.

"Pemerintah menggunakan seluruh resources agar negara kita, rakyat kita, dunia usaha kita, bisa ikut berpartisipasi di dalam pemulihan ekonomi ini. Maka anggaran ditujukan kepada mereka, juga termasuk untuk vaksinasi," jelasnya.

Untuk vaksin sendiri, ia menyebutkan saat ini masih menunggu bahan baku vaksin sebanyak 1,8 juta, setelah pekan lalu 1,2 juta dosis vaksin dari China telah tiba di RI. Selain itu, pemerintah juga tengah membuat vaksin buatan dalam negeri.

"Kita mendukung untuk riset vaksin covid ini, vaksin merah putih," imbuhnya.


[Gambas:Video CNBC]

(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading