Inggris Sudah Rilis Persetujuan Kilat Vaksin Pfizer

News - Tommy Sorongan, CNBC Indonesia
04 December 2020 20:08
FILE PHOTO: The Pfizer logo is seen at their world headquarters in New York April 28, 2014.  REUTERS/Andrew Kelly/File Photo                            GLOBAL BUSINESS WEEK AHEAD

Jakarta, CNBC Indonesia - Regulator Obat-obatan Inggris MHRA menyatakan bahwa izin edar yang diberikan secara kilat kepada vaksin besutan Pfizer-BioTech adalah langkah yang tepat dan terukur. Mereka menjamin keamanan vaksin yang baru dikembangakan itu.

Dilansir dari France24, Inggris mengumumkan pada rabu (2/12/2020) bahwa mereka telah memberikan persetujuan darurat untuk penggunaan umum vaksin dan akan mulai meluncurkannya minggu depan.

"Setiap vaksin harus menjalani uji klinis yang kuat sesuai dengan standar internasional, dengan pengawasan yang diberikan oleh Badan Pengatur Produk Obat dan Kesehatan," kata regulator MHRA dalam sebuah pernyataan.


"Tidak ada vaksin yang diizinkan untuk disuplai di Inggris kecuali standar keamanan, kualitas dan kemanjuran yang diharapkan terpenuhi," kata Badan Pengatur Produk Obat dan Kesehatan," jelas MHRA.

Sebelumnya izin edar yang diberikan Inggris dikritisi oleh kepala Lembaga Penyakit Menular Amerika Serikat (CDC) Anthony Fauci yang menyatakan bahwa persetujuan itu diambil secara "terburu-buru". Namun beberapa saat kemudian, Fauci mencabut pernyataan itu.

Sementara itu di lain kesempatan perusahaan bioteknologi yang juga berhasil mengembangkan vaksin Covid-19, Moderna, menyatakan bahwa mereka dapat melakukan pengembangan dengan cepat karena pengalaman mereka menangani virus MERS, yang juga merupakan virus dari keluarga corona.

Inggris berencana untuk mendistribusikan batch awal 800.000 dosis mulai minggu depan, dengan memprioritaskan panti jompo. Selain itu, Persetujuan diharapkan juga keluar bulan ini dari Badan Pengawas Obat dan Makanan AS FDA dan Agen Obat-obatan Eropa EMA.


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading