Hashim: Kami Belum Dapat Izin dan Belum Ekspor Lobster!

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
04 December 2020 17:45
Hashim Djojohadikusumo (Muhammad Ridho/detikcom)

Jakarta, CNBC Indonesia - Ramainya isu keterlibatan keluarga Prabowo Subianto soal ekspor benih lobster atau benur dijawab Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Hashim Djojohadikusumo dan kuasa Hukumnya Hotman Paris. Pihaknya menegaskan perusahaan keluarganya belum melakukan kegiatan ekspor benur atau benih lobster karena belum dapat izin.

"Perusahaan PT Bima Sakti Mutiara masih menunggu kelengkapan izin ekspor," kata Hashim dalam keterangan Pers di Jetski Café, Jumat (4/12).

Ia menjelaskan hingga saat ini perusahaan kliennya masih menunggu empat syarat sertifikasi yang harus dipenuhi hingga dapat izin ekspor.


Keempat sertifikat itu adalah Surat Telah Melakukan Pembudidayaan, Surat Instalasi dan Karantina Ikan, Surat Cara Pembibitan Yang Baik, dan Surat Penetapan Waktu Pengeluaran.

"Ada 4 syarat baru bisa. Kami belum dapat izin dan belum ekspor lobster," kata Hashim.

Ia merasa dirugikan dan adanya penangkapan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo selalu dikaitkan dengan keluarganya. Hasyim menduga ada pihak-pihak yang dengan sengaja menyerang keluarganya untuk kepentingan politik.

"Gerindra tidak suka monopoli dan tidak suka memonopoli, pengajuan kami sesuai prosedur," katanya.

Hashim mengendus pihak tertentu yang sengaja ingin menjatuhkan keluarganya melihat anaknya, Sarah Djojohadikusumo sedang bertarung pada Pilkada Tangerang Selatan menjadi Wakil Walikota.

Pada kesempatan yang sama Rahayu Saraswati Djojohadikusumo, anak dari Hasyim Djojohadikusumo yang juga menjabat pimpinan pada PT Bima Sakti Mutiara mengatakan hingga saat ini perusahaan masih berada pada tahapan awal untuk pengajuan izin ekspor benur.

"Hingga saat ini kami baru punya izin budi daya yang keluar pada 15 Juni kemarin, kami memang baru mulai," katanya.

Pihaknya pun merasa di rugikan dengan adanya isu ini yang tentunya akan berpengaruh pada elektabilitas nanti saat berkompetisi menjadi Wali Kota Tangerang Selatan.


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading