Terbongkar! Peserta Licik, Ada Fraud di BPJS Kesehatan

News - Lidya Julita S, CNBC Indonesia
04 December 2020 14:12
Warga mengantre di kantor cabang BPJS Kesehatan di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Kamis (9/8/2018). Pemerintah akan menyelamatkan BPJS Kesehatan dari defisit, termasuk opsi pengucuran dana alias bailout dari APBN sebesar Rp 5 triliun.

Jakarta, CNBC Indonesia - Direktur Utama BPJS Kesehatan Fachmi Idris mengatakan, masih ada kasus kecurangan (fraud) dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Hal ini disebabkan masih ada banyak peserta yang melakukan penipuan.

Hal ini terlihat dari hasil audit yang dilaksanakan oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) pada tahun 2019 lalu dan menemukan ada 1% potensi fraud di program JKN-KIS BPJS Kesehatan.

"Tetapi kami tidak akan mentolerir angka yang masih berjumlah kecil ini karena tidak menutup kemungkinan persentase potensi fraud akan semakin bertambah apabila kami tidak segera melakukan upaya pencegahan," ujar Fachmi dalam buku BPJS Kesehatan edisi 87 yang dikutip, Jumat (4/12/2020).


Adapun langkah yang akan ditempuh BPJS Kesehatan untuk mencegah potensi fraud semakin banyak adalah dengan teknologi. Memanfaatkan teknologi dinilai akan sangat membantu terutama dalam pendataan.

"Pemanfaatan teknologi informasi dalam sistem layanan kesehatan adalah upaya kami untuk menjawab isu fraud yang selama ini masih terjadi di lapangan," jelasnya.

Apalagi, ia melihat potensi fraud pada Program JKN-KIS masih mungkin terjadi karena kompleksitas program dan dana penjaminan manfaat yang besar dalam Program JKN-KIS. Ini tentu berpotensi juga menyebabkan terjadinya tindakan inefisiensi yang mengarah pada kecurangan.

"Di luar dari pemanfaatan teknologi informasi untuk mencegah potensi kecurangan yang terjadi, kami juga terus berupaya melakukan hal-hal lain yang diharapkan dapat menutup celah-celah kecurangan. Upaya pembentukan Tim Pencegahan Kecurangan hingga level Kabupaten/Kota juga terus kami jalankan," kata dia.

Halaman Selanjutnya >> Sinergi Atas Saran KPK

Sinergi Atas Saran KPK
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading