Tak Masuk Strategis, Proyek-Proyek Kereta DKI Dicoret Jokowi

News - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
27 November 2020 17:22
Proyek pembangunan double-double track (DDT) Manggarai-Cikarang di Stasiun Manggarai, Jakarta, Rabu (15/1/2020). (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) nomor 109/2020 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional (PSN) sebanyak 201 Proyek dan 10 Program yang mencakup 23 Sektor. Dari berbagai proyek itu ada beberapa pencoretan proyek yang tak lagi masuk dalam daftar, termasuk di bidang kereta api khususnya di DKI Jakarta.

Beberapa proyek kereta di ibu kota DKI Jakarta ada yang masih dipertahankan, tapi ada juga yang akhirnya dicoret dalam daftar prioritas proyek strategis sampai 2024.

Beberapa proyek kereta yang masih dipertahankan di Jakarta antara lain MRT, elevated loop line, LRT seperti yang tercantum dalam Perpres 56 tahun 2018. Namun, ada juga yang dicoret yaitu proyek kereta api ekspres dari Sudirman sampai Bandara Soekarno-Hatta, juga ada proyek penyelenggaraan perkeretaapian umum di wilayah provinsi DKI Jakarta.


Namun juga ada proyek baru kereta di Jakarta yang dimasukkan Jokowi dalam daftar, antara lain elevated inner loop line Jatinegara-Tanah Abang-Kemayoran dan LRT Kelapa Gading-Velodrome sampai Manggarai.

Berikut daftar lengkapnya seperti tercantum dalam lampiran Perpres No 109 tahun 2020, yaitu:

Lampiran Sektor Kereta hal 1Foto: Lampiran Sektor Kereta hal 1
Lampiran Sektor Kereta hal 1
Lampiran Sektor Kereta hal 2Foto: Lampiran Sektor Kereta hal 2
Lampiran Sektor Kereta hal 2

[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading