Avanza Bukan Mobil Terlaris, Toyota Pastikan Tetap Raja Pasar

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
20 November 2020 19:15
Sports Car Toyota GR Supra (Toyota)

Jakarta, CNBC Indonesia - Di tengah pandemi Covid-19, PT Toyota Astra Motor (TAM) tetap memiliki target besar dalam menguasai segmen pasar otomotif di Indonesia. Meski andalannya saat ini Avanza selama 7 bulan tak masuk posisi teratas sebagai mobil terlaris.

Meski memang ada penurunan penjualan dibanding tahun-tahun sebelumnya, namun jika melihat market share, peta penjualan yang dipegang Agen Pemegang Merk (APM) hampir sama. Dimana Toyota tetap bercokol di urutan pertama.

"Kita tetap usahakan market share kita di angka kurang lebih 31%. Kurang lebih sama seperti tahun sebelumnya," kata Interactive Communication Department Head PT Toyota-Astra Motor Dimas Aska kepada CNBC Indonesia, Jumat (20/11).


Target itu memang realistis. Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), selama medio Januari-Oktober 2020, Toyota membukukan penjualan mobil wholesales atau dari pabrik ke diler sebanyak 127.208 unit atau 30,2 % dari total penjualan nasional. Sementara dari sisi retail sales lebih baik, yakni mencatatkan penjualan sebanyak 141.542 unit atau lebih dari 31%.

"Faktor, market ini memang akan sangat tergantung dengan pergerakan market-nya juga hingga akhir tahun. Tapi sampai Oktober kami bisa maintain market share di angka 31,6%. Secara retail sedikit lebih tinggi dari periode yang sama tahun lalu di angka 31,2%," jelasnya.

Untuk memenuhi penjualan itu, Dimas menyebut Avanza masih menjadi salah satu kontributor terbesar di Toyota. Dengan rata rata jualan di level 2000-3000 unit di Juli sampai Oktober serta dengan Market Share di level di atas 35% untuk segmen low MPV.

"Sampai Bulan October sepanjang tahun 2020 Avanza berhasil terjual 32.059 unit secara ritel dengan market share sekitar 37% di kelas Low MPV," sebutnya.

Selain Avanza, Dimas menyebut jagoan Toyota lainnya dalam mendongkrak angka penjualan mobil.

"Model lain yang mungkin mirip adalah Toyota Rush yang saat ini juga jadi market leader di kelas Medium SUV, terjual 26.583 unit dengan market share sebesar 45%," lanjutnya.


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading