Ini Akses Masuk ke Pelabuhan Patimban Terbesar di RI

News - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
16 November 2020 21:01
Ditemani Dua Stafsus Milenial, Jokowi Cek Pelabuhan Patimban/Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden

Jakarta, CNBC Indonesia - Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat ditargetkan beroperasi pada Desember 2020. Bagaimana cara mengakses calon salah satu pelabuhan terbesar di RI setelah Tanjung Priok.

Dirjen Perhubungan Laut Kemenhub, Agus Purnomo, menegaskan sudah merencanakan akses proyek Pelabuhan Patimban secara matang. "Aksesnya enggak terlalu jauh, tol semua, lalu ada kereta api. Insya Allah enggak ada macet," ujarnya dalam webinar, Senin (16/11/20).

Akses khusus dari jalur pantai utara (Pantura) Jawa sudah selesai hampir 100%. Nantinya akan tersedia bundaran yang akan membuka akses menuju Patimban dari jalur Pantura di Jawa Barat.


"Bundaran itu dihubungkan ke Pelabuhan Patimban, sekarang dalam proses penyelesaian. Kendaraan dari Pantura masuk berputar langsung ke pelabuhan," katanya.

Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memang tengah membangun jalan tol dari Pantai Utara sepanjang 8,2 Km. Pemerintah juga membuat akses penghubung dengan Jalan Tol Cipali sepanjang 37 Km.

"Pelabuhan Patimban ini dari akses tol exit Dawuan 65 km kira-kira. Termasuk di dalam pelabuhan 8 km dari akses Pantura sampai ke pelabuhan bebas hambatan," tandasnya.

Pihaknya juga menyiapkan sejumlah sarana yang bersifat sementara. Pasalnya, sejumlah infrastruktur penunjang memang belum kelar konstruksi ketika pelabuhan ini operasi Desember 2020 nanti.

"Temporary akses karena jembatan yang jadi fungsi utama belum selesai. Kami memanfaatkan temporary akses sampai ke pelabuhan ini akan siap, udah uji coba akan menjadi akses keluar masuk dari luar ke pelabuhan Patimban," katanya.


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading