Jokowi Tambah Wakil Doni Monardo, Demi Vaksinasi Covid?

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
13 November 2020 15:53
Dok: Satgas Covid-19

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi menambah wakil ketua untuk Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo, menjelang program vaksinasi Covid-19 massal.

Hal ini seiring dengan terbitnya Peraturan Presiden (Perpres) 108/2020 tentang Perubahan atas Perpes 82/2020 tentang Komite Penanganan Corona Virus Disease 2019 dan Pemulihan Ekonomi Nasional.

Pepres ini diterbitkan dengan pertimbangan untuk mengoptimalkan peran dari Komite Penanganan Corona Virus Disease 2019 dan Pemulihan Ekonomi Nasional. Adapun tugas komite pun berubah dalam Pasal 3.


"Menyusun rekomendasi strategis kepada Presiden dalam rangka percepatan penanganan COVID-l9 serta pemulihan perekonomian dan transformasi ekonomi nasional," tulis Pasal 3 Ayat 1 Perpres tersebut, seperti dikutip Jumat (13/11/2020).

Selain itu, komite akan mengintegrasikan dan menetapkan langkah pelaksanaan kebijakan strategis serta terobosan yang diperlukan untuk percepatan penanganan Covid-19, serta melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan kebijakan strategis.

Adapun Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 kini memiliki tiga wakil di antaranya Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan, serta Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri.

Peran BPOM termasuk vital dalam vaksinasi Covid-19 karena merupakan lembaga yang memberikan izin edar bagi vaksin yang telah lulus uji klinis. BPOM juga berpeluang menerbitkan Emergency Use Authorization untuk vaksin Covid-19 dengan pertimbangan tertentu.

Sementara itu, Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan (Kemenkes) berwenang dalam proses imunisasi massal hingga ke seluruh daerah. 

Selain itu, Erick Thohir yang menjabat sebagai Ketua Pelaksana juga dibantu oleh dua wakil yaitu Kepala Staf TNI Angkatan Darat dan Wakil Kepala Kepolisian RI.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading