Selamat! RI Negara Pertama Dibolehkan Umrah Saat Pandemi

News - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
03 November 2020 14:38
Umat Muslim mengelilingi Ka'bah, saat menjalani ibadah Umrah, di kota suci Muslim di Mekah, Arab Saudi. (AP/Amr Nabil)

Jakarta, CNBC Indonesia - Arab Saudi telah membuka kembali penyelenggaraan ibadah umrah bagi jemaah dari luar negeri mulai 1 November 2020. Menariknya, Indonesia adalah negara pertama yang menjadi jemaah di Tanah Suci tersebut.

Firman M. Nur, Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (Amphuri), membenarkan hal ini. Ia mengatakan bahwa jemaah umrah pertama dari luar Arab Saudi berasal dari Indonesia di tengah pandemi Covid-19 ini.

"Ini adalah kebahagiaan, kita dapat kesempatan pertama dalam tahap tiga uji coba pelonggaran lockdown," ujar Firman di Program Profit CNBC Indonesia, Selasa (03/11/2020).


AMPHURI: Ada Batasan Usia, Hanya 42% Jamaah Terdaftar Yang Bisa Umrah(CNBC Indonesia TV)Foto: AMPHURI: Ada Batasan Usia, Hanya 42% Jamaah Terdaftar Yang Bisa Umrah(CNBC Indonesia TV)
AMPHURI: Ada Batasan Usia, Hanya 42% Jamaah Terdaftar Yang Bisa Umrah(CNBC Indonesia TV)

Sebelumnya, jemaah umrah asal Indonesia dari kloter pertama mendarat di Arab Saudi pada Minggu (01/11/2020). Mereka adalah jemaah umrah pertama asal Indonesia yang beribadah di tanah suci di tengah pandemi Covid-19 sejak ditutup pada Februari 2020 lalu.

Dia melanjutkan bahwa penerbangan dari Indonesia ke Arab Saudi juga mulai kembali beroperasi. Tidak seperti biasa, penerbangan di tengah pandemi hanya tersedia tiga kali dalam seminggu.

Sementara itu, pemerintah Arab Saudi juga telah mengeluarkan pedoman untuk menerima jemaah yang berasal dari luar negeri. Diantaranya, jemaah yang diizinkan wajib berusia 18 hingga 50 tahun.

Diketahui, pada 1 November lalu jemaah umrah Indonesia sudah mendarat di Arab Saudi sebanyak 224 orang.


[Gambas:Video CNBC]

(wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading