Jelang Pilpres AS, Joe Biden Unggul di 4 Negara Bagian Kunci

News - Tommy Sorongan, CNBC Indonesia
02 November 2020 19:15
Democratic presidential candidate former Vice President Joe Biden answers a question as President Donald Trump listens during the second and final presidential debate Thursday, Oct. 22, 2020, at Belmont University in Nashville, Tenn. (AP Photo/Morry Gash, Pool)

Jakarta, CNBC Indonesia - Jelang Pemilihan Presiden Amerika Serikat (AS) 2020, kandidat besutan Partai Demokrat Joe Biden unggul di 4 negara bagian kunci. Dikutip dari New York Times, hasil survei terbaru mengenai swing voters atau pemilih mengambang di 4 negara bagian kunci, yaitu Pennsylvania, Wisconsin, Florida, dan Arizona menunjukkan angka partisipasi yang meningkat dibanding pada pemilu 2016. Kali ini mereka lebih banyak memilih calon dari Partai Demokrat, Joe Biden.

"Biden paling banyak meraup kemenangan di Winsconsin dengan selisih 11%. Di sini Biden mengungguli dengan 52% suara dan Trump tertinggal dengan 41% saja," ungkap hasil survei Sienna Collage yang dikutip oleh New York Times, Senin (2/11/2020).

Di sisi lain, Trump kelihatan cukup terseok-seok dalam mengejar Biden. Trump memiliki kans sempit demi meraih 270 suara Electoral College yang diperlukan untuk mengklaim kemenangan. Jika Biden tetap unggul di tiga dari empat negara bagian yang diuji dalam survei tersebut, hampir pasti sudah cukup untuk memenangi kontestasi.




Pada hari-hari penutupan kampanye, Biden memiliki keunggulan tipis di Florida, di mana dia berada di depan Trump dengan selisih 3%, yaitu 47% berbanding 44%, sebuah keunggulan yang masih dalam batas kesalahan alias margin error. Dia memimpin dengan 6% di Arizona dan Pennsylvania. Dalam kondisi apa pun, dukungan pada Trump diprediksi tidak naik lebih dari 44 persen.

Hingga Sabtu siang waktu setempat, lebih dari 90 juta orang telah memberikan suara mereka, menurut United States Election Project. Di tiga dari empat negara bagian yang disurvei, mayoritas responden mengatakan bahwa mereka telah memberikan suara, kecuali Pennsylvania.


[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading