Sawit, Lumbung Ekspor RI Sumbang Hampir Rp 300 T

News - Anisatul Umah, CNBC Indonesia
27 October 2020 19:05
ilustrasi kelapa sawit

Jakarta, CNBC Indonesia - Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Airlangga Hartanto mengaku optimistis sawit masih akan menjadi komoditas ekspor andalan di tahun ini. Sama dengan tahun lalu, ekspor sawit tahun ini diproyeksikan bakal mencapai US$ 20 miliar atau hampir Rp 300 triliun.

"Sawit penting karena menjadi andalan ekspor. Ekspor kita tahun ini sama dengan tahun lalu US$ 20 miliar," kata Airlangga dalam media briefing yang disiarkan via YouTube BNPB, Selasa (27/10/2020).

Airlangga menyebut di tengah pandemi Covid-19 ini komoditas sawit masih mampu bertahan. Sektor pertanian menjadi peringkat pertama dalam upaya pemulihan ekonomi nasional.


"Peringkat pertama untuk memulihkan ekonomi nasional. Jadi komoditas hilirisasi sudah berjalan," jelasnya.

Komoditas hilirisasi dari sawit yang sudah berjalan yakni progam biodiesel 30% atau B30. Program biodiesel menurutnya akan terus dikembangkan sampai dengan tahun depan, di mana serapannya akan mencapai 9,2 juta kilo liter (KL) Fatty Acid Methyl Ester (FAME).

"B30 tahun depan terus dilaksanakan. Artinya dipersiapkan tahun depan 9,2 juta KL," jelasnya.

Proyek Biodiesel 30% (B30) pada bulan Juli tahun depan akan dikembangkan menjadi Biodisel 40% (B40).

Deputy CEO PT Kilang Pertamina Internasional, Budi Santoso Syarif mengatakan untuk B40 campuranya adalah B30 ditambah dengan D100 sebesar 10%. "Strategi sudah jelas dari pak Menteri dan lainnya. B40 Komposisi B30, D100 10%," ungkapnya.

Dia menyebut dengan berjalannya proyek biodiesel ini secara akan menjadi ketahanan energi, menekan defisit transaksi berjalan. Kemudian secara mikro harga untuk sawit akan menjadi stabil.

"Dan juga disampaikan pungutan US$ 55 per ton. Program ini akan terus berlanjut. Sebelum tahun 2015 diperuntukkan untuk oleochemical, namum ke depan lebih ke biodiesel ke depan D100, bisa sejahterakan 16 juta jiwa petani," jelasnya.


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading