Jokowi Ungkap Alat-Alat Canggih Buatan RI Selama Pandemi

News - Lidya Julita Sembiring, CNBC Indonesia
24 October 2020 17:23
Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Biro Pers Sekretariat Presiden/ Kris)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebutkan, pandemi Covid-19 membuat banyak terobosan baru yang dilakukan Indonesia. Terutama alat-alat canggih dan sistem yang berhubungan dengan kesehatan buatan dalam negeri.

"Selama pandemi Covid-19 ini telah banyak inovasi yang dikembangkan oleh para peneliti, para inovator di dalam negeri," ujar Jokowi dalam sambutan HUT IDI ke-70, Sabtu (24/10/2020).

Ia menjelaskan sederet alat-alat karya anak bangsa tersebut adalah seperti rapid diagnostic test, emergency ventilator, mobile lab yang dilengkapi dengan PCR. Kemudian ada juga penggunaan artificial intelligence (AI) untuk penegakan diagnosis covid 19 dan aplikasi copy track untuk membantu dokter memantau mobilitas pasien.


Selain itu, pemerintah juga clinical trial dan produksi massal vaksin merah putih yang saat ini sedang dilakukan. Ini semua nantinya digunakan untuk mengatasi Covid-19.

"Demi menjadi momentum bagi kita untuk menguatkan ketahanan kesehatan, head Security dan kapasitas pelayanan kesehatan, kita harus melakukan cara-cara luar biasa untuk mengeliminasi penyakit menular dan penyakit tidak menular, penurunan stunting, imunisasi lengkap bayi," kata dia.

"Kita juga harus memperluas kesempatan generasi muda kita untuk menjadi dokter, utamanya dokter spesialis untuk meningkatkan kualitas kesehatan di seluruh pelosok negeri," imbuhnya.

Oleh karenanya, ia berharap Ikatan Dokter Indonesia (IDI) bisa terus menjadi bagian dalam reformasi sistem kesehatan di tanah air.

"Keberhasilan reformasi ini tidak ditentukan oleh kerja pemerintah semata tapi memerlukan dukungan penuh dari organisasi profesi dan juga masyarakat. Saya yakin dengan semangat kolaborasi maka transformasi sistem kesehatan akan bisa kita lakukan dan segera membawa manfaat bagi masyarakat menuju masyarakat yang sehat dan sejahtera," tegasnya.


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading