Jokowi Sebut Pandemi Buat RI Sadar Punya Banyak Kelemahan

News - Lidya Julita Sembiring, CNBC Indonesia
24 October 2020 16:58
Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Biro Pers Sekretariat Presiden/ Kris)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, pandemi Covid-19 memberikan tekanan yang begitu kuat dari sisi Kesehatan maupun perekonomian. Kondisi ini yang membuat Indonesia sadar bahwa masih banyak kelemahan yang dimiliki.

"Pandemi ini memberi banyak pelajaran kepada kita semua, kita semakin tahu kelemahan-kelemahan yang harus segera kita perbaiki," ujarnya dalam sambutan HUT IDI ke 70, Sabtu (24/10/2020).

Namun, dengan pandemi ini pula Indonesia bisa belajar lagi untuk mengatasi kelemahan yang dimiliki. Memperbaiki yang selama ini tidak terlalu disadari.


Hal ini terutama pada sisi Kesehatan Indonesia yang banyak sekali kekurangan.

"Situasi sulit yang sedang kita hadapi, kita gunakan sebagai momentum untuk melakukan transformasi termasuk dalam reformasi sistem kesehatan di negara kita," kata dia.

Menurutnya, dalam reformasi sistem Kesehatan yang harus diperkuat adalah sisi pencegahan. Di mana pola hidup sehat menjadi sangat penting untuk diterapkan.

Sedangkan dari sisi non kesehatan, kesadaran dan kedisiplinan masyarakat dan dukungan dari organisasi sosial keagamaan sangatlah dibutuhkan. Namun, pada saat yang sama penguatan kapasitas SDM kesehatan hingga kelengkapan sarana dan prasarana rumah sakit harus terus ditingkatkan.

"Pengembangan Rumah Sakit dan balai balai kesehatan serta industri obat-obatan dan alat-alat kesehatan haruslah terus kita lakukan," jelasnya.


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading