Buwas Soal Ancaman La Nina: Beberapa Pangan Bisa Kena Dampak!

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
23 October 2020 18:22
budi waseso

Jakarta, CNBC Indonesia - Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso (Buwas) menjamin stok pangan Indonesia masih aman beberapa bulan mendatang. Meski ada beberapa tanaman pangan memang kena dampak La Nina.

"Sudah dari jauh hari kita siapkan stok beras di seluruh wilayah Indonesia. Sampai sekarang kondisi beras yang ada di seluruh Indonesia sesuai kebutuhan sudah kondisi maksimal. Jadi kita punya dalam kondisi cadangan 1 juta lebih. Dan kita lihat antisipasi dengan jumlah itu akan mencukupi sampai prediksi di Januari-Februari tahun depan," kata Buwas kepada CNBC Indonesia, Jumat (23/10).

Ia mengaku ada dampak yang bakal terjadi dari fenomena La Nina. Sehingga perlu antisipasi yang jelas agar dampaknya tidak berkepanjangan. Ia pun mengungkapkan beberapa komoditi yang berpotensi terkena dampak tersebut.


"Kalau dilihat dari data BPS (Badan Pusat Statistik) ada beberapa produk pangan yang mungkin terkena dampak dari La Nina tersebut. Misal padi, jagung mungkin. Tapi stok kita yang sekarang ada pangan lain seperti jagung, yang kita produksi, tepung sagu, tapioka, kentang umbi-umbian disiapkan untuk memperkuat situasi jika dapat ancaman krisisi pangan," paparnya.

Sebelumnya, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo sudah mengingatkan petani agar mempersiapkan diri menghadapi La Nina. Upaya kemandirian menurutnya harus terus dilakukan. Selain mengantisipasi Covid-19 yang juga belum selesai, potensi tidak menentunya iklim ke depan juga perlu disiasati.

"Melihat kondisi saat ini, saya berharap produksi tetap jalan walaupun kemarau basah. Bahkan diprediksi Desember sampai Januari akan ada la nina sehingga curah hujannya tinggi. Ini yang harus kita antisipasi, antisipasi dengan stok," ujarnya kala melaksanakan kunjungan kerja ke Desa Giriroto, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali pada Kamis (15/10/2020)


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading