Kapan Pandemi Covid-19 Berakhir? Ini Jawaban Kang Emil

News - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
23 October 2020 10:18
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dalam acara CNBC Indonesia Award (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengaku sering mendapatkan pertanyaan dari masyarakat kapan Pandemi Covid-19 berakhir.

"Akhir pandemi ini ada dua kalau orang sakit sembuh, dan orang sehat imun dari vaksin. Vaksin ini memberikan harapan," ujar Kang Emil, nama panggilan Ridwan Kamil dalam diskusi Terobosan Kepala Daerah di Tengah Pandemi dan CNBC Indonesia Indonesia Award Best Regional Leaders, Jumat (23/10/2020).

Kang Emil mengatakan vaksin menjadi berita baik bagi masyarakat yang sudah menjalani pandemi Covid-19 selama 8 bulan terakhir. "Tugas pemimpin memberikan harapan, dan ada satu berita baik yakni vaksin yang diproduksi dalam negeri nantinya," jelasnya.


Apalagi, tuturnya, ada kepastian 9 juta vaksin akan tiba di Indonesia pada November dan Desember mendatang. Vaksin tahap awal akan diprioritaskan bagi zona merah dan bagi tenaga kesehatan, Polri, TNI dan pelayan masyarakat.

"yang kita harapkan yang diberikan ke seluruh rakyata adalah vaksin yang diproduksi Bio Farma," ujarnya.

Kang Emil yang menjadi salah satu relawan dalam uji klinis tahap 3 vaksin Sinovac mengaku telah dua kali disuntik. Dia mengatakan tidak ada keluhan dari vaksin tersebut. "Dari rencana 5 kunjungan, sudah 4 kunjungan (uji klinis)," tuturnya.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading