Debat Capres AS

Trump Akui Memiliki Hubungan yang Baik dengan Kim Jong Un!

News - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
23 October 2020 10:09
President Donald Trump and Democratic presidential candidate former Vice President Joe Biden during the first presidential debate Tuesday, Sept. 29, 2020, at Case Western University and Cleveland Clinic, in Cleveland, Ohio. (AP Photo/Julio Cortez)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan jika ia memiliki "hubungan yang sangat baik" dengan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un.

"Saya memiliki hubungan yang sangat baik dengannya," kata Trump pada debat presiden terakhir pada Kamis (22/10/2020) malam atau Jumat (23/10/2020) pagi waktu RI.


"(Kim) jenis pria yang berbeda, tapi dia mungkin berpikiran sama tentangku. Kami memiliki jenis hubungan yang berbeda. Kami memiliki hubungan yang sangat baik dan tidak ada perang."

Sementara itu, calon presiden Joseph Robinette Biden atau Joe Biden dari Partai Demokrat mengkritik Trump karena melegitimasi diktator dan negara pertapa, yang telah lama menjadi paria global karena catatan hak asasi manusia dan ambisi nuklirnya yang suram.

"Dia berbicara tentang teman baiknya yang preman, preman, dan dia berbicara tentang bagaimana kita menjadi lebih baik. Dan mereka memiliki rudal yang jauh lebih mampu, mampu mencapai wilayah AS jauh lebih mudah daripada yang pernah mereka lakukan sebelumnya," kata Biden.



Biden mengatakan dalam debat bahwa dia hanya akan bertemu Kim dengan syarat pemimpin Korut tersebut "setuju bahwa dia akan menurunkan kapasitas nuklirnya."

"Semenanjung Korea harus menjadi zona bebas nuklir," kata Biden.

Debat kali ini dilakukan di di negara bagian Tennessee, tepatnya di Universitas Belmont di Nashville. Debat dipandu monderator dari NBC, Kristen Welker. 

Setidaknya ada enam tema debat yang akan dibahas. Mulai dari Covid-19, keluarga di AS, permasalahan ras, perubahan iklim, keamanan nasional dan kepemimpinan.




[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading