Setahun Jokowi-Ma'ruf Amin, Ini Catatan dari Pengusaha

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
20 October 2020 15:52
Presiden dan Wakil Presiden RI, Joko Widodo dan Ma'ruf Amin memimpin rapat terbatas (Biro Pers Sekretariat Presiden/Lukas)

Jakarta, CNBC Indonesia - Penanganan pandemi Covid-19 menjadi poin yang paling disorot kalangan pengusaha dalam setahun pemerintah Jokowi-Maruf memimpin Indonesia. Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani menilai pemerintah perlu bergerak lebih gesit dalam penanganannya.

"Catatan yang perlu mendapat perhatian penuh masalah di penanganan kesehatan atau pandemi ini. Kuncinya kita bisa pulih di penanganan pandeminya. Kalau penanganan bisa baik, efektif dan betul-betul bisa mengurangi dan akhirnya menghilangkan penyebaran Covid-19, maka kita bisa membantu dalam melakukan akselerasi pemulihan ekonomi," jelas Hariyadi kepada CNBC Indonesia, Selasa (20/10).

Jika tanpa ada pembenahan berarti dalam sistem penanganan Covid-19, maka yang terjadi tidak akan berbeda dengan saat ini. Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 bahkan sudah lebih dari 365 ribu kasus. Potensi kehilangan makin banyak nyawa manusia juga besar, termasuk ekonomi yang bakal terus terkoreksi negatif.


"Ini penting banget. Insya Allah pandemi beres kita bisa kenceng larinya. Kalau pandemi nggak beres susah, pandemi yang bisa beresin pemerintah, ya negara," jelasnya.

Ia bilang setiap kebijakan yang diambil negara sangat penting bagi dunia usaha. Perlu pertimbangan matang dan bebas kepentingan politis dari setiap keputusan yang diambil. Diantaranya dalam pemilihan vaksin.

"Makanya kita berharap jangan sampai salah pilih juga, pilih vaksin. Vaksin yang betul-betul diharapkan emang efektif untuk bisa mencegah penularan dan obat-obatan dalam menolong tang terjangkit sehingga nggak meninggal. Angka kematian bisa ditekan serendah-rendahnya," papar Hariyadi.


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading