Doni Monardo: Hampir 100% Pasien Covid Gejala Ringan Sembuh

News - Muhammad Choirul, CNBC Indonesia
09 October 2020 18:55
Doni Monardo Apresiasi Upaya Pengendalian COVID-19 di Sulawesi Utara. (Dok :BNPB)

Jakarta, CNBC Indonesia - Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo menyebutkan bahwa hampir 100% pasien Covid-19 dengan gejala ringan berhasil sembuh. Data ini dijadikan acuan untuk menyusun kebijakan terbaru ke depan dalam penanganan pasien.

"Ketua Komite dan Wakil Ketua Komite Airlangga dan Pak Luhut telah melakukan serangkaian pertemuan dengan organisasi profesi. Ada lima organisasi profesi yang telah bergabung untuk menyusun sebuah SOP tentang langkah-langkah penanganan yang lebih efektif," kata Doni dalam talk show virtual, Jumat (9/10/20).

Dalam SOP baru ini, nantinya pihaknya ingin mereka yang secara risiko tinggi harus lebih awal diketahui. Kalau sudah positif Covid-19, maka menurutnya penanganannya harus sedini mungkin.


"Nah kalau kita lihat data yang sudah ada terutama dari beberapa rumah sakit, pasien dengan resiko ringan itu hampir 100% sembuh. Sedangkan pasien dengan risiko sedang itu angka kematiannya sekitar 2,6%, kemudian pasien dengan resiko sedang itu angka kematian sekitar 8% dan yang sudah berat serta kritis angka kematiannya bisa mencapai 67%," ucapnya.

Dengan SOP baru, nantinya diharapkan jangan sampai mereka yang punya komorbid ini terlanjur masuk kepada fase yang sedang dan berat. Apalagi, ia menjelaskan pula bahwa proses dari gejala ringan ke gejala sedang itu bisa berlangsung lebih dari satu minggu, namun ketika kondisinya memburuk dari gejala sedang ke berat prosesnya bisa terjadi dalam hitungan jam.

"Ini harus kita pahami kepada seluruh masyarakat yang punya risiko tinggi untuk mengetahui kondisi diri masing-masing. Sehingga ketika sudah ada gejala jangan menunggu gejala ini menjadi bertambah. Segera dilakukan upaya-upaya pengobatan sehingga kalau bisa lebih cepat bisa diselamatkan," tegasnya.

Dia juga terus mendorong adanya kesadaran bahwa Covid-19 berbahaya. Dikatakan, Covid-19 ini nyata, bukanlah rekayasa, dan bukanlah konspirasi.

"Korban jiwa di tingkat Global telah mencapai lebih dari 1.000.000 orang dan yang terpapar covid telah lebih dari 35 juta orang. Di tanah air kita pun akan yang sangat besar, sudah lebih 300.000 orang yang terpapar covid dan yang wafat, yang meninggal sudah lebih dari 11.000 orang. Termasuk para dokter yang gugur dalam melakukan tugasnya," ucapnya.

Doni juga menambahkan jangan sekali-kali meremehkan Covid-19 karena sudah lebih dari 36 juta orang tertular di seluruh dunia. Dia juga meminta setiap orang untuk selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan, yakni #pakaimasker, #jagajarak, dan #cucitanganpakaisabun.

"Disiplin 3M itu tak sebanding dengan perjuangan dokter dan tenaga kesehatan dalam merawat pasien Covid-19," ujar Doni.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading