10 Posisi Lowongan Kerja Terbanyak di Tengah Covid-19

News - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
07 October 2020 15:55
Hal Yang Perlu Anda Lakukan Saat Memulai Pekerjaan Baru

Jakarta, CNBC Indonesia - Berdasarkan data dari situs pencari kerja, Jobstreet Indonesia menunjukkan, terdapat 10 jenis pekerjaan yang masih dicari oleh perusahaan di masa pandemi covid-19 saat ini.

Country Manager Jobstreet Indonesia, Faridah Lim menjelaskan, di masa pandemi covid-19 saat ini masih ada peluang bagi para pencari kerja ingin mendapatkan pekerjaan. Pasalnya, beberapa perusahaan masih mencari 10 jenis pekerjaan untuk menunjang aktivitas bisnis mereka.

"Ada 10 jenis pekerjaan yang masih aktif melakukan perekrutan, itu kami dapatkan dari perusahaan yang mengatakan, bahwa mereka 6 bulan ke depan masih akan melakukan perekrutan," jelas Faridah dalam video conference, Rabu (7/10/2020).


Berikut daftar 10 jenis pekerjaan yang masih diperlukan perusahaan selama 6 bulan ke depan:

1. Sales/customer service 27%
2. Admin & HR 27%
3. Accounting 23%
4. Engineering 21%
5. IT 20%
6. Marketing/PR 18%
7. Manufacturing 15%
8. Management 15%
9. Transportation & Logistics 12%
10. Banking & Finance 10%

"Ini adalah top 10 pekerjaan utama yang diprediksi masih dicari perusahaan untuk 6 bulan ke depan, jadi peluang itu masih ada," ujar Faridah.

Dari perusahaan-perusahaan yang mencari 10 jenis perusahaan tersebut, Jobstreet mencatat 32% di antaranya memprioritaskan korban PHK, sementara sisanya tetap mengutamakan pemenuhan kriteria.

"Kita juga menanyakan apakah mereka akan memprioritaskan kepada karyawan yang kehilangan karyawan, dan ternyata 32% mengatakan iya dengan pertimbangan mereka kehilangan pekerjaan maka bisa bergabung lebih cepat tanpa waktu tunggu. Tapi 56% mengatakan bahwa itu tidak akan mempengaruhi keputusan mereka. Mereka akan tetap fokus mencari pekerja sesuai kriteria mereka cari," jelasnya.


[Gambas:Video CNBC]

(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading