Waspada Klaster Pengungsian, Pemda Dituntut Berinovasi

News - Rahajeng Kusumo Hastuti, CNBC Indonesia
07 October 2020 14:13
Membahas Perkembangan Kasus di 10 Provinsi Prioritas. (Dok: Tangkapan layar youtube BNPB Indonesia)

Jakarta, CNBC Indonesia- Pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia masih belum berakhir, namun masyarakat harus tetap waspada dengan potensi bencana alam memasuki musim hujan. Kewaspadaan dan langkah mitigasi harus ditingkatkan agar tidak menjadi beban lain yang harus dihadapi saat ini.

Tim Pakar Satgas Penanganan Covid-19 Dewi Nur Aisyah mengatakan di masa seperti ini Pemerintah Daerah bertugas mengetahui betul kondisi Indonesia yang rawan bencana, sehingga tidak menjadi double burden.

Selain itu, menurutnya Ketua Satgas juga sudah mengingatkan daerah bahwa Indonesia berpotensi mengalami bencana sehingga harus diantisipasi. "Kita masih di tengah pandemi, tetapi masih ada tantangan bencana lain," kata Dewi, Rabu (07/10/2020).


Di musim hujan yang rawan banjir ini Pemda harus bersiap ketika terjadi banjir, dan melakukan inovasi agar jika nantinya terjadi tidak terjadi penularan jika sampai ada pengungsian.

"Ini pelajaran besar untuk Indonesia, kita punya potensi bencana cukup besar. Kalau sudah paham antisipasinya bukan hanya pandemi saat ini, karena berpengaruh juga menekan fatalitas ketika terjadi bencana," katanya.

Menurutnya, yang harus diwaspadai di Indonesia memasuki musim hujan adalah terjadinya banjir. Bukan hanya ketika banjir ada potensi penyakit menular, tetapi ketika harus mengungsi di suatu tempat jangan sampai ada klaster pengungsian.

Jika sampai ada pengungsian, yang harus diingat adalah sanitasi di tempat pengungsian karena menjadi orang berkumpul. Sanitasi di tempat pengungsian, karena orang berkumpul satu tempat belum tentu bisa jaga jarak antara satu dengan yang lain. Kemudian di pengungsian biasanya anak-anak sering bermain bersama dan tidak ada sekat satu satu tempat dengan yang lainnya.

"Ketika mau memutus penularan 3M (#pakaimasker, #cucitangan dan #jagajarak) wajib diterapkan. Pemda harus siap ketika terjadi banjir inovasi apa yang bisa dilakukan, dan yang bisa dipetakan sehingga model pengungsian tidak sama kaya biasa, apakah ada sekatnya, atau bagaimana jadi ada inovasi yang harus disiapkan," kata dia.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading