Erick Thohir Juga Kirim Surat Rahasia ke Kepala BKPM soal PLN

News - Wilda Asmarini, CNBC Indonesia
02 October 2020 15:18
Erick thohir di Kawasan Industri Terpadu Batang, 30 Juni 2020 (BPMI 2020)

Jakarta, CNBC Indonesia - Selain mengirimkan surat kepada Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, juga mengirimkan surat kepada Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia, untuk mendukung kinerja operasional dan keuangan PT PLN (Persero).

Masih dengan tanggal yang sama seperti surat yang dikirimkan ke Menteri ESDM, surat ke Kepala BKPM ini juga tertanggal 18 September 2020, dengan hal 'Dukungan Kepada PT Perusahaan Listrik Negara (Persero).

Dalam surat ini, Erick pun meminta agar Kepala BKPM mendorong pelaku usaha menggunakan listrik yang disediakan PLN, seperti membatasi pemberian izin usaha penyediaan listrik dan captive power. Hal ini menurutnya dikarenakan saat ini terdapat kelebihan pasokan listrik, terutama di sistem Jawa-Bali.


Erick pun mengatakan, PLN berkomitmen menyediakan kebutuhan tenaga listrik yang handal dengan tarif kompetitif bagi pelaku usaha.

Surat Permohonan Dukungan untuk PLN ke Kepala BKPMFoto: Surat Permohonan Dukungan untuk PLN ke Kepala BKPM
Surat Permohonan Dukungan untuk PLN dari Menteri BUMN ke Kepala BKPM

Berikut isi lengkap surat Menteri BUMN kepada Kepala BKPM:

Memperhatikan kondisi PT Perusahaan Listrik Negara (Persero)/ PT PLN baik kinerja operasional maupun keuangan yang terdampak pandemi Covid-19, kami harapkan dukungan Saudara untuk membantu kinerja PT PLN. Sebagaimana diketahui, saat ini terdapat kelebihan pasokan pembangkit terutama di sistem Jawa-Bali. Untuk meningkatkan demand, kami harapkan dukungan Saudara untuk mendorong pelaku usaha menggunakan listrik yang disediakan PT PLN, antara lain dengan membatasi pemberian izin usaha penyediaan listrik dan captive power. PT PLN berkomitmen untuk menyediakan kebutuhan tenaga listrik yang handal dengan tarif kompetitif bagi pelaku usaha.

Demikian kami sampaikan dan atas perhatian serta dukungan Saudara untuk peningkatan kinerja PT PLN, kami ucapkan terima kasih.


[Gambas:Video CNBC]

(wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading