2022 Bali Ditargetkan Sudah Punya Tol Baru, Motor Boleh Masuk

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
30 September 2020 14:30
Jalan Tol Pekanbaru-Dumai (Hutama Karya)

Jakarta, CNBC Indonesia - Tol kedua di Bali, Gilimanuk-Mengwi, ditargetkan beroperasi secara bertahap mulai tahun 2022. Tol ini juga bakal bisa dilewati oleh kendaraan roda dua alias motor, seperti Tol Bali Mandara yang lebih dulu terbangun di Pulau Dewata.

Anggota Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) dari unsur akademisi Eka Pria Anas, menjelaskan bahwa tol ini akan membentang dari Pelabuhan Gilimanuk menuju arah selatan ke Denpasar, tepatnya di sekitar Mengwi.

"Tentunya sasarannya adalah ini untuk melayani akses kawasan wisata termasuk di kabupaten Badung, Tabanan, kemudian kabupaten Jembrana," ujarnya dalam market sounding proyek KPBU, Rabu (30/9/20).


Tol ini memiliki panjang total 95,5 Km, meliputi 3 seksi pembangunan. Jalur motor yang disiapkan di awal akan berada di seksi 2 dan seksi 3.

"Kalau kita lihat di seksi pembangunan ini memang akan dilakukan secara bertahap. Tahap pertama adalah seksi 2 dan seksi 3 yang itu mendekati arah Denpasar, dari mulai Km 54-96 itu kalau memang selesai nanti pelelangan tahun 2021, diasumsikan maka tahun operasinya tahun 2022 akhir. Ini ada jalur mobil dan motor," ungkapnya.

Kemudian seksi berikutnya adalah seksi 1 yang akan dibangun tahun berikutnya, yakni tahun 2022 setelah seksi 2 dan 3 beroperasi. Dikatakan bahwa seksi 1 bakal memakan waktu pembangunan cukup lama mengingat panjang jalur yang mencapai 54Km.

"Karena lebih panjang itu butuh waktu yang lebih lama untuk konstruksi dan operasi selesai tahun 2024 tapi hanya untuk mobil. Karena memang terlalu panjang untuk jalur motor, tapi nanti mungkin bisa saja dipertimbangkan untuk motor kalau memang dibutuhkan," urainya.

Nantinya, diperkirakan lintas harian kendaraan pada tahun 2022 pada saat dioperasikan mencapai 50.000 kendaraan per hari.

"Termasuk motor itu adalah sekitar 50.000 kendaraan per hari. Kalau hanya mobil hanya sekitar 21.000 kendaraan per hari," pungkasnya.


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading