Riset: 10 Kota di Jawa ini Berpotensi Terkena Tsunami Besar

News - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
29 September 2020 19:00
Infografis/Waspada!  Ada Potensi Tsunami 20 Meter  Hantam Jawa/Aristya Rahadian Krisabella

Jakarta, CNBC Indonesia - Beberapa wilayah di Pulau Jawa menjadi daerah di Indonesia yang memiliki potensi terjadinya tsunami besar dengan ketinggian lebih dari 3 meter.

Hal ini berdasarkan "Kajian Nasional Bahaya Tsunami di Indonesia" yang didukung oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Australian Agency for International Development (AusAID) melalui Australia Indonesia Facility for Disaster Reduction (AIFDR).

Berdasarkan dokumen yang dikutip CNBC di Jakarta, Selasa (29/9/2020), peta-peta tsunami di dalamnya didasarkan pada metodologi kajian bahaya tsunami secara probabilitas yang memungkinkan untuk memperkirakan ketinggian tsunami dari berbagai kemungkinan yang mungkin terjadi.


Adapun 10 wilayah di Pulau Jawa yang berpeluang mengalami tsunami besar antara lain:

  1. Garut, Jawa Barat
  2. Cianjur, Jawa Barat
  3. Ciamis, Jawa Barat
  4. Purworejo, Jawa Tengah
  5. Tasikmalaya, Jawa Barat
  6. Wonogiri, Jawa Tengah
  7. Kabupaten Blitar, Jawa Timur
  8. Pandeglang Banten
  9. Sukabumi Jawa Barat
  10. Kebumen, Jawa Tengah

Sementara itu, temuan utama dalam kajian bahaya tsunami dalam dokumen tersebut diantaranya adalah wilayah dengan peluang terbesar untuk mengalami peringatan tsunami besar, yaitu tsunami lebih tinggi dari 3 meter dalam kurun setiap satu tahun adalah Lampung Barat, Kepulauan Mentawai dan Nias.

Diikuti oleh wilayah pesisir selatan Jawa, pesisir barat daya Sumatera dan beberapa bagian dari Bali dan Nusa Tenggara Barat yang semuanya memiliki peluang sebesar 2-10%.

Adapun wilayah dengan bahaya tsunami rendah adalah wilayah pesisir utara Jawa, pesisir timur Sumatra, dan pesisir Barat dan Selatan Kalimantan, serta pesisir selatan Papua. Temuan tersebut juga menyoroti bahwa wilayah pesisir barat Sumatera, pesisir selatan Jawa dan Nusa Tenggara Barat dan Timur memiliki peluang bahaya tsunami terbesar di Indonesia.

Namun demikian, beberapa bagian di Indonesia timur, termasuk pesisir utara Papua, Sulawesi, Maluku dan Maluku Utara memiliki bahaya tsunami yang tinggi dan memiliki potensi untuk mengalami tsunami besar dan menghancurkan.

Wilayah-wilayah di Indonesia timur ini belum menerima banyak perhatian dan model tsunaminya belum dimasukkan dalam sistem Indonesia Tsunami Early Warning System (InaTEWS), akan tetapi temuan dari studi ini menunjukkan bahwa bahaya tsunami di daerah tersebut tinggi dan membutuhkan upaya lebih lanjut.

Terkait dengan Tsunami, baru-baru ini sejumlah peneliti Indonesia kembali memperbarui penelitian tsunami akibat gempa bumi besar yang terjadi di zona megathrust. Sejumlah wilayah termasuk Pulau Jawa bagian selatan berpotensi terkena tsunami hingga ketinggian 20 meter

Namun, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang mendukung dalam penelitian tersebut menyatakan tidak perlu panik terhadap wacana ini. BMKG menegaskan bahwa sebuah penelitian gempa bumi dan tsunami di Indonesia dilakukan untuk mendukung penguatan sistem mitigasi bencana, sehingga bisa mencegah dampaknya terutama jatuhnya korban jiwa.

Sebagai negara berpotensi rawan bahaya gempabumi dan tsunami, penelitian/ kajian gempabumi dan tsunami di Indonesia perlu selalu didorong dengan tujuan bukan untuk menimbulkan kecemasan dan kepanikan masyarakat, namun untuk mendukung penguatan sistem mitigasi bencana, sehingga kita dapat mengurangi atau mencegah dampak dari bencana itu, baik jatuhnya korban jiwa maupun kerusakan bangunan dan lingkungan," ujar Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati.

Dwikorita mengingatkan potensi kejadian gempa bumi dan tsunami di Indonesia tidak hanya berada di pantai selatan Jawa saja. Dalam hal ini, potensi bisa terjadi di sepanjang pantai yang menghadap Samudera Hindia dan Samudera Pasifik, ataupun pantai yang berdekatan dengan patahan aktif yang berada di laut (Busur belakang atau back arc thrusting, ataupun membentang sampai ke laut, dengan berbagai potensi ketinggian gelombang tsunami.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading