Pedagang Curhat Omzet Ambles, Jokowi: Semua Harus Disyukuri

News - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
29 September 2020 16:42
Saat Perawat Cerita ke Presiden Jokowi Pulang ke Rumah Sebulan Sekali. (Biro Pers Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Covid-19 memukul banyak sektor, termasuk diantaranya pengusaha kecil yang menggantungkan hidupnya dengan berjualan.

Pada kesempatan Pemberian Bantuan Modal Kerja, Istana Kepresidenan Bogor, Selasa (29/9/2020), pedagang kecil ini mengutarakan kondisinya kepada Jokowi.

Salah satunya adalah Tika yang berjualan Gado-gado di Jalan Malabar. Dengan modal Rp 500 ribu, dia merasakan bagaimana penurunan omset yang dirasakan. "Dulu sehari dapat Rp 150 ribu, sekarang Rp 75 ribu atau separuhnya," katanya.


Tak hanya Tika, seorang pedagang yang berjualan di kantin sekolah juga hadir. Dia mengaku ada penurunan omset yang awalnya Rp 5 juta saat pandemi turun menjadi Rp 2 juta.

Kemudian, ada juga pedagang asongan. Dia berkeliling kota Bogor mencari sesuap nasi. Biasanya dia berjualan di Pasar Bogor dan menjual panganan dan minuman seperti permen, hingga kopi. Dia mengaku omzetnya turun hingga 70%. "Dulu bisa Rp 150 ribu, Rp200 ribu sekarang Rp 60 ribu," ujarnya.

Menanggapi ini, Jokowi mengatakan apapun yang terjadi harus disyukuri. Bukan suatu hal yang mudah, namun dia menekankan jangan sampai patah semangat dan harus bekerja lebih keras lagi.

"Harus disyukuri, semua harus disyukuri, wong yang namanya negara itu defisit kok, tahun ini kita minus, income dan pendapatannya, bukan sesuatu yang gampang, sama sebetulnya," katanya.

Dia menunjuk amplop yang isinya Rp 2,4 juta dan menurutnya cukup untuk modal berjualan gado-gado. Dia berpesan agar menggunakan uang bantuan tersebut dengan bijak. "Itu untuk modal gado-gado sudah lebih. Hati-hati jangan dibelikan HP, untuk perluasan usaha, kalau asongan tadi modalnya Rp 1 juta, sisanya dipakai untuk memperluas produk yang dijual," katanya.

"Berpikirnya harus seperti pengusaha, kalau ada sisa jangan dibelikan hal yang konsumtif," tutupnya.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading