Kang Emil Bongkar Potensi Cuan Jumbo dari Pelabuhan Patimban

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
22 September 2020 16:28
Presiden Ingin Pelabuhan Patimban Jadi Hub Besar untuk Ekspor Otomotif./Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta jajarannya untuk mempercepat pembangunan Pelabuhan Patimban, Jawa Barat. Pelabuhan yang akan beroperasi secara penuh di 2023 itu, disebut akan menjadi pelabuhan terbesar di Indonesia.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengemukakan, Pelabuhan Patimban nantinya akan menjadi gerbang pembuka lahirnya sejumlah kawasan metropolitan baru bernama Rebana.

"Jadi Jawa Barat akan memiliki 3 metropolitan. Satu Bodebek, dua Bandung Raya, dan ketiga Rebana," kata Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil dalam konferensi pers, Selasa (22/9/2020).

Kang Emil menjelaskan, Rebana akan melahirkan 10 kota baru yang membutuhkan setidaknya 5 juta lapangan kerja dalam 15 tahun ke depan. Kalkulasi Pemprov Jabar, wilayah ini akan memberikan kontribusi sampai 4% terhadap pertumbuhan ekonomi.

Eks Wali Kota Bandung itu bahkan menyebut Rebana telah menarik banyak minat investor asing.



"Patimban itu diminati oleh investor Jepang. Kemudian di Aeropolis di daerah Kertajati diminati oleh Tiongkok. Kemudian Taiwan satu kota industri baru itu adalah di daerah Indramayu dan Timur Tengah tertarik dengan lahan RNI yang akan didesain sebagai kota baru berbasis industri halal," katanya.

Kang Emil mengatakan, ketertarikan para investor untuk berinvestasi di wilayah tersebut menjadi bukti Koridor Super Utara Jawa perlu mendapatkan prioritas untuk dikembangkan lebih lanjut.

"Ini menandakan bahwa super koridor yang disampaikan dari Banten sampai ke Jawa Timur di Utara itu salah satu pergerakan yang paling aktif akan hadir di kawasan Rebana dengan primadonanya yang kita lihat Pelabuhan Patimban," ujar Kang Emil.



[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading