Pelabuhan Patimban

Calon Pelabuhan Terbesar di RI Rp 43 T Bakal Dikelola Asing

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
22 September 2020 14:05
Presiden Ingin Pelabuhan Patimban Jadi Hub Besar untuk Ekspor Otomotif. /Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden Foto: Presiden Ingin Pelabuhan Patimban Jadi Hub Besar untuk Ekspor Otomotif. /Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta jajarannya untuk mempercepat pembangunan Pelabuhan Patimban, Jawa Barat. Pelabuhan yang akan beroperasi secara penuh di 2023 itu, disebut akan menjadi pelabuhan terbesar di Indonesia.

Pelabuhan Patimban berada di area seluas 369 hektare (ha) dan backup area mencapai 345,2 ha, dengan biaya investasi total hingga mencapai Rp 43,2 triliun. Pada tahap awal, pelabuhan tersebut akan beroperasi di November atau Desember 2020.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pemerintah akan segera mencari operator untuk mengurus pelabuhan ini. Rencananya, pengelola pelabuhan ini berasal dari asing maupun domestik.


"Dengan melakukan suatu koordinasi untuk penunjukan operator, dimana operator ini Insya Allah akan dikerjasamakan dalam dan luar negeri, tentu kita yang mayoritas," kata Budi, Selasa (21/9/2020).

Budi menjelaskan total investasi dari proyek pembangunan Pelabuhan Patimban mencapai Rp 43,2 triliun. Untuk tahap satu sudah dilakukan sebesar Rp 14 triliun yang dananya berasal dari APBN dan pinjaman dari Japan International Cooperation Agency (JICA).

"Kita harapkan selesai tahun 2021. Diikuti nanti 2021 ke 2023 untuk tahap berikutnya sebanyak Rp 9,5 triliun," katanya.

"Sedangkan lainnya, tahap 3 dan 4 adalah kawasan-kawasan yang kita harapkan sebagai kawasan KPBU (kerja sama pemerintah badan usaha). Artinya kita akan lelang tempat-tempat itu dan ada satu kesempatan bagi swasta untuk berkiprah di sana dan kita tidak akan menggunakan APBN lagi," jelasnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Belah Sawah, Jalan Pelabuhan Terbesar Rp 1,2 T Siap Operasi


(hoi/hoi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading