Pajak Bakal 0%, Cek Dulu Daftar 10 Mobil Terlaris di RI Nih!

News - Tim Riset, CNBC Indonesia
16 September 2020 20:18
XPANDER VS AVANZA siapa juaranya? Foto: Aristya Rahadian Krisabella

Jakarta, CNBC Indonesia - Ketua umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Yohannes Nangoi mengungkapkan pemerintah tengah mempertimbangkan untuk memberikan insentif pajak 0%.

Insentif pajak tersebut bakal memberikan dampak luas pada industri otomotif. Turunnya harga bakal membuat daya beli masyarakat kembali membaik.

Di Indonesia pasar otomotif di tengah pandemi sempat lesu. Namun belakangan mulai terlihat ada peningkatan kembali.

Misalnya, kinerja penjualan mobil Grup Astra di bawah kendali PT Astra International Tbk (ASII) ambles hingga hampir 50% pada periode 7 bulan pertama tahun ini atau Januari-Juli 2020 atau tepatnya turun 49,72%, kendati pada 2 bulan terakhir, khususnya Juli terjadi perbaikan signifikan.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), secara kumulatif penjualan mobil Grup Astra periode Januari-Juli 2020 mencapai 149.645, turun 49,72% secara year on year (yoy) dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu sebesar 297.637 unit.



Berikut daftar 10 mobil terlaris yang dikompilasi Tim Riset Autofun berdasarkan data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) dari Januari sampai Juli 2020.

1. Toyota Avanza

LMPV dari PT Toyota-Astra Motor (TAM) selaku agen tunggal pemegang merek (ATPM) Toyota di Indonesia ini bercokol di urutan pertama.

Tercatat, wholesales atau penjualan dari pabrik ke dealer Toyota Avanza sejak Januari sampai Juli 2020 mencapai 22.645 unit. Toyota Avanza sendiri hadir dengan berbagai tipe mulai dari Avanza 1.3 E yang menggunakan mesin 1.300 cc sampai Veloz dengan mesin 1.500 cc dan fitur lebih lengkap.

Didukung dengan keberadaan sparepart mulai dari after market sampai orinya yang banyak di pasaran, tak heran banyak orang yang membelinya sebagai mobil keluarga.

2. Honda Brio

Lalu pada peringkat kedua mobil terlaris ada Honda Brio besutan PT Honda Prospect Motor (HPM) selaku ATPM merek mobil Honda di Indonesia. Dengan kapasitas 5 penumpang, Honda Brio bersaing ketat dengan Toyota Avanza yang memiliki kapasitas 7 penumpang.

Dari Januari sampai Juli 2020, tercatat 20.023 unit Honda Brio dikirim dari pabrik ke dealer. Jumlah tersebut merupakan akumulasi dari Honda Brio Satya yang merupakan LCGC sampai tipe RS yang non LCGC.

3. Mitsubishi Xpander

Posisi ketiga mobil terlaris di Indonesia ada Mitsubishi Xpander dari PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI). Berbekal bahasa desain Dynamic Shield, tampilan macho Mitsubishi Xpander sukses menarik perhatian masyarakat Indonesia.


Tak heran, mobil dengan kapasitas 7 penumpang ini sempat digadang-gadang sebagai penjegal Toyota Avanza. Namun pada rentang waktu yang sama, Mitsubishi Xpander hanya mampu terjual sebanyak 9.288 unit ditambah penjualan Xpander Cross dengan 6.435 unit.

Jika diakumulasikan, keduanya terjual sebanyak 15.723 unit dari Januari sampai Juli 2020.

4. Toyota Kijang Innova

Selanjutnya ada Toyota Kijang Innova yang mengisi posisi ke-4 mobil terlaris di Indonesia. Satu tingkat di atas Avanza dan Xpander, Toyota Kijang Innova masuk di kelas Medium MPV.
Meski kelasnya cukup tinggi, penjualan Toyota Kijang Innova bersaing ketat dengan Mitsubishi Xpander. PT TAM sukses menyalurkan 15.139 unit Innova dari pabrik ke dealer dari Januari sampai Juli 2020.

5. Daihatsu Sigra

Mengisi posisi ke-5 ada Daihatsu Sigra yang diusung PT Astra Daihatsu Motor (ADM) sebagai ATPM merek mobil Daihatsu di Indonesia.

Pada periode Januari sampai Juli 2020, tercatat wholesales Daihatsu Sigra mencapai 14.486 unit. Dengan torehan tersebut, Sigra berhasil mengalahkan LCGC dengan kursi tiga baris lain.
Sebut saja Toyota Calya dan Datsun GO Panca.

6. Toyota Rush

Low SUV dari merek berologo tiga oval ini menjadi model terlaris ke-6 berdasarkan data wholesales Gaikindo. Berkapasitas 7 penumpang, SUV ini laku sebanyak 13.559 pada periode Januari sampai Juli 2020. SUV ini mengusung mesin berbahan bakar bensin 1.500 cc 4 siliinder yang mampu menghasilkan tenaga 104 PS dan torsi 136 Nm.

7. Toyota Calya

Deretan mobil terlaris selama Januari sampai Juli 2020 kembali diisi model dari Toyota dengan Calya. Toyota Calya sendiri merupakan LCGC yang memiliki kapasitas 7 penumpang.
Duduk di kelas yang sama dengan Daihatsu Sigra, Toyota Calya mampu terjual sebanyak 13.101 unit.

8. Honda HR-V

Pada posisi ke-8 mobil terlaris diisi oleh Honda HR-V. Compact SUV dari Honda ini mampu menorehkan penjualan dari pabrik ke dealer sebanyak 8.081 unit. Dengan torehan tersebut juga membuat Honda HR-V sebagai compact SUV terlaris di Indonesia.

9. Daihatsu Ayla

Posisi selanjutnya masih diisi merek asal Jepang yakni Daihatsu dengan model Aylay. LCGC berbodi mungil ini tercatat laku sebanyak 7.561 pada periode yang sama. Meski masih bersaudara, penjualan Daihatsu Ayla sukses menggungguli Toyota Agya yang hanya laku 6.297 unit.


10. Toyota Fortuner

Sekali lagi produk dari Toyota hadir mengisi deretan mobil terlaris pada periode Januari sampai Juli 2020. Toyota Fortuner sukses terjual sebanyak 6.722 unit. SUV ladder frame dari Toyota ini juga berhasil mempecundangi rivalnya yakni Mitsubishi Pajero yang hanya laku 4.748 unit. Dengan ini Toyota Fortuner juga menjadi SUV dengan rangka ladder frame terlaris saat ini.

TIM RISET


[Gambas:Video CNBC]

(hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading