Pajak Mobil Baru 0% Obat Galau Pabrik Mobil di Tengah Corona

News - Ferry Sandi , CNBC Indonesia
16 September 2020 15:27
Ilustrasi Mobil Foto: CNBC Indonesia/Muhammad Sabki

Jakarta, CNBC Indonesia - Penurunan penjualan pada sektor otomotif dalam beberapa bulan terakhir membuat pelaku usaha menjadi galau. Untuk itu stimulus semacam pajak 0% bagi mobil baru akanĀ  menjadi penyelamat di tengah pasar yang terpukul pandemiĀ covid-19.

Sekretaris Jenderal Gabungan Industri Otomotif Indonesia (Gaikindo) Kukuh Kumara mengungkapkan beban operasional yang ditanggung perusahaan otomotif tidak jauh berbeda dibanding waktu normal, namun pendapatannya jauh menurun saat pandemi.

Kekhawatiran akan pemutusan hubungan kerja (PHK) sempat muncul, apalagi industri ini sudah drop selama 7 bulan terakhir. Demi meningkatkan penjualan, harapan dibebaskan pajak sebesar 0% untuk setiap pembelian unit baru pun diajukan ke kementerian keuangan dan peda. Namun, jika tidak dikabulkan sepenuhnya pun menurutnya tidak masalah.


"Kita nggak berpikir sejauh itu (PHK). Berapapun relaksasi yang diberikan moga berdampak positif. Kita positif saja terus walau kekhawatiran itu ada," kata Kukuh kepada CNBC Indonesia, Rabu (16/9).

Ia bilang makin tipisnya modal perlu membuat perusahaan melakukan efisiensi. Salah satu yang mesti dihindari adalah PHK. Namun, sisi yang lainnya bisa diatasi. Langkah ini perlu diambil, terutama oleh banyak vendor di bawah jaringan satu industri otomotif. Tidak sedikit dari mereka yang berstatus usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

"Sekarang penjualan 1/3 atau kurang dari setengah (dari waktu normal). Itu cukup berat bagi industri karena mereka punya capital operational cost dan sebagainya. Ini kenapa kita minta stimulus agar jangan sampe kita kolaps. Yang besar-besar mungkin masih bisa bertahan, tapi di ujung gerbong paling belakang UMKM. Mereka kan modalnya terbatas. Itu yang kita jaga agar mereka jalan walau cukup berat," papar Kukuh.

Dampak pandemi covid-19 memang masih membayangi penjualan mobil, setidaknya terlihat dari penjualan selama 8 bulan pertama 2020 yang baru tercatat 323.492 unit, masih jauh dari target penjualan mobil yang sudah beberapa kali direvisi oleh Gaikindo.


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading