Kabar Gembira! LRT Jabodebek Siap Operasi Tahun Depan

News - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
16 September 2020 15:47
Foto aerial suasana Stasiun LRT, Light Rapid Transit di kawasan Cibubur, Jakarta, Rabu (12/8/2020). (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kereta api ringan/Light Rail Transit (LRT) Jabodebek akan beroperasi pada akhir 2021. Sebelumnya LRT tak kunjung beroperasi meski uji coba kereta sudah berjalan sejak tahun lalu.

"Diharapkan operasi 2021 akhir," kata Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kartika Wirjoatmodjo di acara HSBC Economic Forum bertajuk 'Orchestrating the next move: Transforming Indonesia into Asia's next supply chain hub' yang berlangsung secara virtual, Rabu (16/9/2020).

Dia menegaskan bahwa proyek ini tetap dilanjutkan di tengah pandemi Covid-19. Pemerintah menyiapkan LRT Jabodebek sebagai solusi moda transportasi perkotaan.


"Transportasi publik perkotaan kita menyelesaikan projects LRT Jabodebek. Saat ini udah melalui fase testing, kalau kita lihat bentangan girder-nya sudah dari ujung ke ujung hampir selesai dari sebelah landmark building sampai dengan Bogor, Cibubur sudah hampir selesai," imbuhnya.

Direktur Utama PT Adhi Karya Tbk (ADHI) Entus Asnawi mengakui bahwa dari seluruh pekerjaan yang digarap perusahaannya, ada sebagian proyek yang ditunda di tahap tertentu. Namun tetap ada yang jalan terutama untuk proyek milik BUMN atau infrastruktur pemerintah.

"Pembangunan LRT tetap berjalan dan beberapa project tol di Sumatera tetap berjalan. Proyeknya Pertamina juga berjalan dan beberapa proyek bandara juga berjalan, serta ada proyek gedung juga masih berjalan. Tetapi kondisinya kami sesuaikan dengan prasyarat new normal," kata Entus kepada CNBC Indonesia, Rabu (17/06/2020).

Hingga Mei 2020 pembangunan LRT Jabodebek yang masih berjalan telah 71,2%. Untuk rincian progress pada setiap lintas pelayanannya yakni Lintas pelayanan 1 Cawang-Cibubur 85,7%, Lintas pelayanan 2 Cawang-Kuningan-Dukuh Atas 65,9%, dan Lintas layanan 3 Cawang-Bekasi Timur 64,8%.

Pembangunan LRT Jabodebek tahap I telah dilakukan dilakukan sejak September 2015, sesuai Peraturan Presiden No 98 Tahun 2015 beserta perubahannya.


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading