Bandara Baru di Bali Utara Sedang Disiapkan, Kapan Mulai?

News - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
16 September 2020 16:17
Bandara Ngurah Rai
foto : detikcom/Kurnia Yustiana

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah punya rencana besar dalam pembangunan super hub tourism di Bali. Salah satunya adalah merealisasikan rencana pembangunan bandara baru di Bali Utara.

"Satu projects baru yang akan kita mulai yaitu pembangunan super hub tourism di Bali, untuk bandara Bali Utara," kata Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo dalam HSBC Economic Forum bertajuk "Orchestrating the next move: Transforming Indonesia into Asia's next supply chain hub" yang berlangsung secara virtual, Rabu (16/9/2020).

Ia menjelaskan Bandara Bali Utara nantinya akan mendukung keberadaan Bandara Ngurah Rai Bali di sisi selatan. Bila terealisasi, ada peningkatan kapasitas penumpang 50 juta  penumpang pesawat udara per tahun di Bali.


"Sehingga diharapkan konektivitas untuk menuju kepada kawasan tourism yang akan masuk ke Indonesia itu melalui Bali dulu baru kita feeding ke Labuan Bajo, Raja Ampat atau daerah-daerah lain," ujarnya.

Di sisi lain, pemerintah juga berencana mengintegrasikan pengelolaan pelabuhan. Tujuannya, semua pelabuhan di Indonesia nantinya dikelola oleh sebuah Project Management Official (PMO) yang terpadu.

"Sehingga konektivitas pelabuhan di Indonesia dari timur ke barat dikelola 1 PMO yang bisa benar-benar menyambungkan dan mengurangi dwelling time maupun biaya logistik secara signifikan dengan mengintegrasikan koneksitas laut secara komprehensif," katanya.

Sejalan dengan itu, pihaknya juga gencar membangun pusat kawasan industri. Pembangunan ini meliputi perluasan kawasan terpadu yang sudah ada dan pembukaan kawasan baru.

"Ini ada beberapa kawasan yang kita miliki dengan total 3.153 hektare. Saat ini kita membangun beberapa kawasan baru di koridor utara yaitu Batang, kemudian dekat dengan Patimban itu ada Subang," katanya.

Rencana tersebut disiapkan untuk mendongkrak pemerataan pertumbuhan ekonomi. "Diharapkan akan muncul koridor ekonomi baru khususnya di daerah yang UMR-nya jauh lebih rendah dibandingkan UMR di Jawa barat atau Jakarta," katanya.


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading