Jatuh di Jurang Resesi Setelah 60 Tahun, Asia Hancur Lebur!

News - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
15 September 2020 15:52
A worker walks past inside the Asian Development Bank (ADB) headquarters in Manila June 17, 2009. REUTERS/Cheryl Ravelo/Files

Jakarta, CNBC Indonesia - Asian Development Bank (ADB) melihat pandemi Covid-19 yang terjadi telah menarik kembali Asia ke jurang resesi. Ini adalah kali pertama setelah 6 dekade Asia berkembang.

45 negara mengalami kemerosotan, Asia pun jatuh ke jurang resesi.

Ekonomi Asia menurut ADB diproyeksikan menyusut ke 0,7% di 2020. Namun di 2021, ADB memproyeksikan Asia akan tumbuh 6,8%.


Outlook ADB menunjukkan tiga kuartal di 2020 menunjukkan kejatuhan yang cukup dalam. "Sebagian besar ekonomi di kawasan Asia cukup sulit untuk tumbuh di sisa 2020 ini," kata Yasuyuki Sawada dalam keterangan resminya, Selasa (15/9/2020).

Outlook ADB ini sejalan dengan IMF yang telah meramalkan hal yang sama di awal 2020 kemarin.

Asia bagian selatan yang terkena dampak paling parah. India terkontraksi 9% di tahun ini. Sementara hanya China yang bisa tumbuh 1,8%.

Sementara, Asia Tenggara akan terkoreksi 3,8%. Ekonomi China diperkirakan akan pulih 7,7% pada 2021, sementara India juga akan bangkit kembali dengan pertumbuhan 8% tahun depan, kata ADB dilansir BBC.

Tetapi ADB juga memperingatkan bahwa pemulihan dapat digagalkan oleh pandemi yang berkepanjangan dan tindakan penahanan yang lebih keras.

"Ancaman ekonomi yang ditimbulkan oleh pandemi Covid-19 tetap kuat, karena gelombang pertama yang berkepanjangan atau wabah yang berulang dapat mendorong tindakan penanggulangan lebih lanjut," kata Sawada.


[Gambas:Video CNBC]

(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading