Ini Jurus Jokowi Agar Anak Milenial Mau Turun ke Sawah

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
01 September 2020 17:55
Mentan

Jakarta, CNBC Indonesia - Proyek pengembangan food estate di Kalimantan Tengah yang dicanangkan Presiden Jokowi akan mulai berjalan pada Oktober 2020. Pengembangan lahan lumbung pangan ini akan menggunakan mekanisasi secara penuh. 

Selain mekanisasi lebih efektif dan efisien dalam melakukan proses produksi pertanian, pemerintah juga menargetkan bisa menarik kembali minat anak muda atau kaum milenial untuk terjun ke sawah mengurusi pertanian. Selama ini, minat anak muda dinilai sudah sangat minim untuk sektor pertanian.

"Kita rencanakan untuk full mekanisasi. Jadi pertanian mekanisasi sehingga anak-anak muda tertarik terjun di pertanian ini. Jadi nggak ada lagi tanam padi dengan mundur itu, tapi semua dengan mesin, mekanisasi. Mudah-mudahan dengan itu anak-anak muda tertarik di pertanian," jelas Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono di Kementerian PUPR, Selasa (1/9).


Program mekanisasi pertanian ini akan dijalankan oleh beberapa Kementerian sekaligus, yakni Kementerian Pertanian, Kementerian PUPR, Kementerian BUMN bahkan hingga Kementerian Pertahanan.

"Ada dua, food estate yang akan dibangun pertama food estate untuk tanaman padi yang menjadi leading sector ada Kementan dan food estate untuk tanaman singkong dengan leading sector Kementerian Pertahanan," paparnya.

Keduanya harus didukung oleh SDM yang berkualitas. Selain anak muda yang bakal kembali ditarik, warga lokal juga diklaim bakal lebih diprioritaskan.

"Untuk SDM (sumber daya manusia) kita akan ada program komponen cadangan. Itu kita rekrut secara sukarela dari masyarakat yang ingin terlibat. Tapi kita utamakan dari lokal dimana wilayah itu, di usia 28 dan 35 untuk kemudian ikut dalam program komponen cadangan. Di situ akan dilatih gimana cara bertani dan seterusnya kurang lebih empat bulan pelatihannya," kata Wakil Menteri BUMN Budi Gunadi Sadikin.


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading