Pabrik LG Cikarang Jadi Klaster Covid, Ternyata Ini Mulanya

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
26 August 2020 16:04
Ilustrasi: Pabrik LG di Korea Selatan.

Jakarta, CNBC Indonesia - Pabrik LG yang memproduksi TV di Cikarang, Kabupaten Bekasi menjadi salah satu klaster baru kasus covid-19. Hal ini terjadi setelah  238 karyawan pabrik LG dinyatakan positif Corona (COVID-19) setelah proses tes swab terhadap 600 pekerja. 

Menteri Perindustrian (Menperin) AgusGumiwang menjelaskan duduk perkaranya. Agus telah menerima laporan terkait kasus klaster LG yang berawal dari kasus beberapa pegawai yang terpapar Covid-19.

"Awalnya memang dari adanya kasus pekan lalu sebanyak 1 atau 2 karyawan, kemudian dilakukan test and trace oleh Gugus Tugas hasilnya adalah 238 Karyawan positif COVID," kata Agus dikutip dari detikcom, Rabu (26/8).


Agus mengatakan LG telah memutuskan menyetop produksi selama 14 hari. "Sesuai dengan protokol kesehatan dalam Surat Edaran Menteri Perindustrian nomor 8, pabrik dapat melakukan langkah-langkah penanganan bila ada pekerja yang terpapar COVID-19. Untuk kasus LG mereka memutuskan untuk menghentikan produksi selama 14 hari," katanya.

Agus mengingatkan agar perusahaan di kawasan industri untuk tetap waspada dan menerapkan protokol kesehatan.

"Sehingga langkah yang mereka (LG) lakukan sudah tepat, karena itu kami mendorong agar industri dapat menerapkan protokol kesehatan yang baik dan terus berkoordinasi dengan gugus tugas setempat," katanya.

PT LG Electronics Indonesia mengonfirmasi kasus Covid-19 pada ratusan pegawainya. Ini terjadi di pabrik LG di kawasan industri MM 2100, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Demi meminimalisir jumlah korban Covid-19, pabrik LG yang memproduksi TV ini mengambil langkah menutup operasional pabriknya selama 9 hari ke depan setelah sepertiga dari 600 karyawan yang dites, hasilnya positif. Momen ini diklaim perusahaan bakal digunakan untuk menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

"Akan dilakukan penyemprotan disinfektan di seluruh gedung untuk kesehatan dan keselamatan karyawan," kata pihak LG di Indonesia dalam pernyataan resmi, dikutip dari Channelnewsasia, Selasa (25/8).


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading