Strategi Jokowi Agar RI Tak Masuk Jebakan Kelas Menengah

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
26 August 2020 13:07
Pidato Jokowi dalam acara aksi nasional pencegahan korupsi di Istana Kepresidenan Bogor, (26/8/2020). (Dok: tangkapan layar youtube setpres RI)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memiliki cara tersendiri agar masyarakat Indonesia terhindar dari jebakan kelas berpendapatan menengah (middle income trap).

Hal tersebut dikemukakan Jokowi saat memberikan pengarahan dalam peresmian Gedung Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

"Mengembangkan sumber daya manusia, infrastrukturnya baik, kelembagaan dan cara kerja efisien itulah modal kita untuk bisa keluar dari middle income trap," kata Jokowi, Rabu (26/8/2020).

Jokowi mengatakan, krisis kesehatan dan krisis ekonomi yang saat ini melanda dunia harus dijadikan momentum bagi Indonesia untuk mengejar ketertinggalan dengan negara lain.

Pidato Jokowi dalam acara aksi nasional pencegahan korupsi di Istana Kepresidenan Bogor, (26/8/2020). (Dok: tangkapan layar youtube setpres RI)Foto: Pidato Jokowi dalam acara aksi nasional pencegahan korupsi di Istana Kepresidenan Bogor, (26/8/2020). (Dok: tangkapan layar youtube setpres RI)



"Momentum untuk menyelesaikan masalah fundamental yang kita miliki dan momentum untuk melaksanakan, mempersiapkan strategi besar terutama di pengembangan sumber daya manusia," jelasnya.

"Di saat puncak bonus demografi sekarang ini, dimana usia kerja mendominasi proporsi penduduk Indonesia, artinya kita harus menyediakan peluang kerja sebanyak-banyaknya," katanya.

Jokowi memandang, peran lembaga pendidikan cukup sentral dalam mengembangkan sumber daya manusia. Kepala negara lantas mengapresiasi berdirinya Gedung Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro.

"Saya menyambut baik bantuan dari Grup Sinarmas dan Astra kepada Universitas Diponegoro dalam bentuk gedung yang bagus yang kita lihat dan infrastruktur pendukungnya untuk pendidikan vokasi," katanya.

"Ini inisiatif yang perlu kita dukung dan apresiasi. Tapi selain penyediaan infrastruktur di dalam kampus yang juga sangat penting adalah akses mahasiswa untuk magang, untuk belajar," jelasnya.



[Gambas:Video CNBC]

(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading