Rebutan Uang Baru Rp 75.000, BI: Sudah 12.500 Lembar Beredar

News - Lidya Julita Sembiring, CNBC Indonesia
22 August 2020 10:22
Warga menunjukkan uang baru 75.000 Ribu di Gedung BI. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Bank Indonesia (BI) mencatat hingga saat ini sudah ada sebanyak 12.500 lembar uang pecahan baru Rp 75.000 yang beredar. Ini sekitar 0,16% dari jumlah uang kertas disediakan yakni 75 juta lembar.

"Sampai hari ini sudah 12.500 lembar yang ditukarkan masyarakat," ujar Kepala Departemen Pengelolaan Uang Marlison Hakim kepada CNBC Indonesia, Sabtu (22/8/2020).

Dengan demikian maka masih ada sekitar 74,98 juta lembar lagi stok uang pecahan edisi khusus ini yang akan diedarkan oleh BI sesuai dengan jadwal.


Marlison pun mengatakan, dengan banyaknya jumlah pecahan uang yang masih tersedia ini, maka masyarakat tidak perlu khawatir. Sebab, BI akan menyebarkan secara merata di seluruh Indonesia.

Ia pun menegaskan, BI akan mengedarkan uang kepada masyarakat yang sudah melakukan pendaftaran di aplikasi pintar di website BI. Jadi, semua masyarakat memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan uang edisi khusus ini.

"Masyarakat tidak perlu khawatir karena kita ingin sebanyak mungkin kelompok masyarakat dapat memiliki uang peringatan kemerdekaan ini," kata dia.

Seperti diketahui, BI dan Pemerintah telah merilis uang kertas pecahan Rp 75.000 edisi khusus Hari Kemerdekaan RI ke-75 pada 17 Agustus 2020 ini. Jumlah uang yang disediakan pun terbatas yakni hanya 75 juta lembar.

Uang ini bisa didapatkan dengan mendaftar di website BI dan memilih tempat penukaran yang bisa dilakukan di semua kantor wilayah BI seluruh Indonesia pada tahap I. Sedangkan pada tahap II bisa dilakukan di kanwil BI dan juga perbankan yang dipilih BI.

Adapun syarat untuk mendapatkannya adalah memiliki tanda pengenal KTP. Satu KTP hanya bisa mendapatkan satu lembar saja uang pecahan ini.

Peluncuran uang dengan nilai nominal baru ini disambut antusias masyarakat. Bahkan di lapak-lapak online, uang pecahan baru ini dijual jauh lebih tinggi dari nilai nominalnya. 

Misalnya di e-commerce Bukalapak, uang pecahan Rp 75.000 dijual seharga Rp 50 juta yang ditawarkan hanya satu lembar. Demikian pula di Shopee sempat ditawarkan uang edisi khusus Rp 75.000 seharga Rp 1,375 juta. 


[Gambas:Video CNBC]

(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading