Punya Anggaran Jumbo, Berapa Belanja Alat Tempur Prabowo?

News - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
20 August 2020 12:03
Pesawat Jet Tempur F-15

Jakarta, CNBC Indonesia - Kementerian Pertahanan (Kemenhan) di bawah Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto mendapat pagu anggaran TA 2021 yang direncanakan sebesar Rp136,9 triliun. Pagu tersebut dialokasikan untuk sejumlah prioritas.

Buku III Himpunan Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian/Lembaga (RKA/KL) Tahun Anggaran 2021 menyebut, terdapat sejumlah alokasi prioritas Kemenhan yaitu mendukung stimulus pemulihan ekonomi, kontrak beberapa tahun (multiyears contract), pelimpahan (carry over) kegiatan 2020, prioritas KL dan prioritas nasional, biaya operasional, dan dukungan operasional pertahanan.

Pada tahun depan Kemenhan juga akan melanjutkan kegiatan prioritas dan strategis dalam rangka mendukung terwujudnya pemenuhan kekuatan pokok minimum atau Minimum Essential Force (MEF). Karena itu, dukungan pengadaan alutsista sebesar Rp9,3 triliun jadi salah satu poin output yang hendak dicapai.


Output selanjutnya yakni modernisasi serta pemeliharaan dan perawatan alutsista di 3 Matra TNI. Selengkapnya sebagai berikut:
- TNI AD sebesar Rp2,6 triliun untuk pengadaan material dan alutsista strategis, dan untuk perawatan alutsista Arhanud, overhaul pesawat terbang dan heli angkut sebesar Rp1,2 triliun.
- TNI AL sebesar Rp3,7 triliun antara lain pengadaan kapal patroli cepat, dan peningkatan pesawat udara matra laut, serta Rp4,2 triliun untuk pemeliharaan dan perawatan alutsista dan komponen pendukung alutsista.
- TNI AU sebesar Rp1,19 triliun antara lain pengadaan Penangkal Serangan Udara (PSU) dan material pendukung, serta pemeliharaan dan perawatan pesawat tempur sebesar Rp7 triliun.

Pagu anggaran ini juga mempertimbangkan alokasi untuk belanja barang karena kenaikan anggaran untuk pemenuhan pemeliharaan dan perawatan alutsista kesiapan sampai dengan 70% dan pemenuhan kebutuhan BMP sebesar Rp6,1 triliun. Sejumlah pekerjaan yang ditunda pada TA 2020 juga dialokasikan di TA 2021 sebesar Rp11,1 triliun.


[Gambas:Video CNBC]

(wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading