Sri Mulyani: Krisis Kali Ini Paling Menantang!

News - Lidya Julita S, CNBC Indonesia
19 August 2020 17:52
Menteri Keuangan Sri Mulyani (Tangkapan Layar Youtube)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan, saat ini adalah kondisi yang paling menantang tidak hanya bagi Indonesia tapi seluruh negara di dunia. Bahkan untuk Indonesia ini adalah krisis yang paling berat.

Menurutnya, pandemi Covid-19 ini bukan tantangan yang normal sehingga semua negara tidak ada yang siap menghadapinya termasuk Indonesia.

"Ini tantangan yang tidak tradisional. Dari pengalaman krisis yang sebelumnya, selama masa itu, saya rasa waktu ini sangat menantang bagi seluruh sektor. Ini adalah ujian yang nyata," ujarnya melalui webinar, Rabu (19/8/2020).

Lanjutnya, pandemi ini membatasi aktivitas masyarakat sehingga pergerakan perekonomian pun tidak bisa berjalan optimal bahkan hampir terhenti. Hal ini membuat perekonomian yang hancur lembur dan bahkan diambang resesi.

Hal ini terlihat dari perekonomian di kuartal II-2020 yang terkoreksi sangat dalam hingga minus 5,32%. Realisasi ini bahkan lebih dalam dari proyeksi pemerintah yang minus 3% sampai minus 5%.

"Tantangan di pandemi ini adalah membatasi aktivitas orang-orang, konsekuensinya ya aktivitas ekonomi tidak bisa berjalan optimal," kata dia.

Namun, di sisi lain ia melihat bahwa pandemi Covid-19 ini memberikan dampak yang positif. Dimana, masyarakat jadi lebih dekat bersama keluarga dan juga membuat teknologi lebih berkembang.

"Covid ini menyediakan pelajaran yang keras dan sebenarnya bagus untuk kita semua," jelasnya.



[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ada yang Beda dari Anggaran Kementerian/Lembaga di 2021


(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading