Maaf! Pameran Mobil GIIAS Batal Tahun Ini

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
19 August 2020 16:13
Mobil Baru yang Diluncurkan di GIIAS 2019 (CNBC Indonesia/ Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Event Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) resmi dibatalkan untuk tahun ini. Sebagai penggantinya, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo) bakal mengadakan Jakarta Auto Week pada 21-29 November 2020 mendatang.

Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi mengungkapkan alasan perubahan agenda tersebut akibat persiapan yang mepet. Pasalnya, GIIAS merupakan event internasional sejenis Paris Auto Show dan Tokyo Motor Show dengan konsep dan kegiatan yang matang, sehingga memerlukan persiapan dengan waktu panjang.

"Dalam pameran GIIAS maka seyogyanya harus dilengkapi yang sifatnya mandatory, misal conference harus hadirkan pembicara tingkat dunia untuk jelaskan mengenai tren otomotif lari ke mana. Kemudian banyaknya mobil-mobil konsep yang didatangkan ke Indonesia, sehingga bisa menunjukkan ke khalayak di Indonesia mengenai future kendaraan seperti apa," sebutnya.

Selain itu, biasanya acara tersebut banyak didukung dengan launching produk yang sifatnya nasional maupun internasional. Namun, mepetnya waktu persiapan di tengah pandemi covid-19 membuat rangkaian kegiatan tersebut nampak mustahil untuk digelar.


"Sudah terlalu mepet, misal kita datangkan mobil konsep dari Jepang. Waktu cuma 2 bulan sementara ngurus dokumentasi belum bisa jalan. Kemudian komunikasi dengan Jepang juga masih susah. Dalam artian orang kita susah pergi ke Jepang. Orang Jepang juga nggak bisa datang ke Indonesia," jelasnya.

Kondisi tersebut mengharuskan industri otomotif untuk memutar otaknya. Diskusi dengan pemerintah pun coba dijalin karena kondisi saat ini tetap dibutuhkan pergerakan ekonomi. Lampu hijau dari Kementerian Perindustrian pun sudah didapatkan.

"Akhirnya setelah diskusi, Kemenperin sebagai pelindung kami merasa memerlukan suatu pameran untuk bisa memberikan rangsangan kepada ekonomi Indonesia. Maka kita ubah jadi Gaikindo Jakarta Auto week yang tujuannya lebih menekan pameran dan launch produk untuk penjualan," sebut Yohannes.


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading