Internasional

Xi Jinping Kirim Surat ke Jokowi, Apa Isinya?

News - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
18 August 2020 11:50
Pertemuan Jokowi dan Xi Jinping di G20 (Biro Pers Kesekretariat Presiden/Laily Rachev)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden China Xi Jinping mengirimkan surat kepada Presiden Indonesia Joko Widodo pada Senin (17/8/2020). Melalui surat itu, Xi menyampaikan ucapan selamat ulang tahun kemerdekaan yang ke-75 untuk Indonesia.

Selain ucapan selamat HUT ke-75 RI, Xi juga membahas baiknya hubungan China-Indonesia. Termasuk, soal wabah virus corona (Covid-19) sebagaimana dilaporkan CRI Online.

"Xi Jinping dalam suratnya menunjukkan, hubungan China-Indonesia kini memelihara kecenderungan baik. Kedua pihak bersama-sama menanggulangi wabah Covid-19, mendorong pemulihan produksi dan pembangunan bersama [inisiatif Belt and Road] Sabuk dan Jalan, menjaga multilateralisme dan situasi umum penanggulangan wabah bersama global, dan telah memberikan kontribusi positif kepada kesehatan dan kesejahteraan rakyat kedua negara serta seluruh dunia," tulis media itu dikutip Selasa (18/8/2020).


"Presiden Xi menyatakan bahwa dirinya menaruh perhatian besar kepada hubungan China-Indonesia, bersedia berupaya bersama dengan Presiden Joko Widodo untuk secepatnya mengalahkan wabah Covid-19, bersama-sama menciptakan situasi baru pada era baru di mana kedua negara berkembang bersama untuk mencapai kemenangan bersama, serta terus memajukan Kemitraan Strategis Komprehensif antara kedua negara."

Selain Xi, sebelumnya sejumlah pemimpin dunia lainnya juga telah mengirimkan ucapan selamatnya untuk kemerdekaan RI yang jatuh pada 17 Agustus.

Salah satunya adalah Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump. Mitra Jokowi dan Xi itu memberi pesan khusus ke warga Indonesia yang tengah merayakan HUT RI ke-75.

"Atas nama AS, dengan penuh suka cita saya ingin mengucapkan selamat kepada Anda dan Rakyat Indonesia yang merayakan Hari Ulang Tahun Ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus," katanya dalam rilis yang diterima CNBC Indonesia.

Lebih lanjut, Trump membahas soal kemitraan antara AS dan Indonesia. Menurutnya hubungan kedua negara berakar pada nilai-nilai bersama, hubungan antar-masyarakat yang mendalam, dan hubungan perdagangan dan investasi yang dinamis.

"Sebagai dua negara yang demokratis, kita sama-sama berkomitmen memajukan perdamaian dan kesejahteraan dunia," ujarnya.

Melalui kerja sama untuk memajukan kepentingan bersama, ia menegaskan RI dan AS harus bermitra mewujudkan kawasan Indo-Pasifik yang benar-benar bebas dan terbuka. Termasuk bersama menanggulangi dampak Covid-19.

"Selamat kepada Anda dan seluruh rakyat Indonesia pada hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia dan saya ucapkan sukses selalu seiring perayaan hari yang istimewa ini," tutup Trump.


[Gambas:Video CNBC]

(res)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading