Pegawai Milenial Pertamina Bisa Cepat Jadi Bos Lho, Caranya?

News - Anisatul Umah, CNBC Indonesia
11 August 2020 18:00
foto : Ist/Pertamina.com

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Pertamina (Persero) memberikan peluang kepada generasi milenial di perusahaan untuk berkompetisi memperoleh promosi jabatan.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan, hal ini dikarenakan kini perseroan membuka talent pool di mana jabatan strategis yang kosong akan dilelang dan bisa diikuti semua karyawan. Berbeda dengan sistem sebelumnya, yakni harus dilakukan berjenjang. Oleh karena itu, menurut Nicke, karyawan tidak perlu menunggu lama untuk lompat ke posisi yang lebih tinggi.

"Kami kasih kesempatan. Ini akselerasi untuk memilih milenial dan orang yang kompeten dan punya leadership dan teknikal bagus. Semua (lelang jabatan) dilakukan secara online, termasuk menggunakan aplikasi," tutur Nicke dalam sebuah diskusi virtual yang diselenggarakan RMOL, kemarin.

Dia menjelaskan, jabatan yang dilelang termasuk dari tingkat manajer, Vice President (VP), Senior Vice President (SVP), hingga direktur anak usaha. Dengan pendaftaran dilakukan dan diseleksi secara online, maka diharapkan bisa ditemukan karyawan kompeten untuk mengisi jabatan strategis di perusahaan.

Berdasarkan data Pertamina, terdapat 53,1% Generasi Y di perseroan. Generasi Y merupakan orang kelahiran tahun 1981-1994. Lalu di bawahnya Generasi X yang merupakan kelahiran tahun 1961-1980 yakni sebanyak 37,1%. Sedangkan kelahiran tahun 1995-2010 atau biasa disebut Generasi Z mencapai 9,6%, dan sisanya 0,2% identik dengan lanjut usia karena kelahiran 1946-1960 atau biasa dikenal dengan nama Generasi Baby Boomers.



Hal senada pernah disampaikan Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Menurut dia, promosi jabatan seharusnya bisa diikuti semua insan Pertamina. Dengan demikian, cara lelang seperti ini bisa menjadi model baru dalam mencari kandidat internal yang dianggap mampu menjadi SVP hingga direktur.

"Nah yang perlu kita perhatikan pada seluruh insan Pertamina adalah kita akan memasuki sebuah budaya baru, membuka kesempatan pada seluruh insan Pertamina golongan yang PRL-nya di bawah 15 pun anda berhak untuk ikut tes menduduki posisi sampai SVP," kata Ahok sebagaimana dikutip dari YouTube Pertamina.

Ahok berharap agar siapa pun yang menjabat direktur utama Pertamina tidak perlu lagi diambil dari BUMN lain, namun bisa dari insan Pertamina. Lalu, bagi yang sudah selesai menjabat pun menurutnya juga bisa menduduki posisi komisaris.

"Ini harapan budaya kita ke depan bahwa Pertamina bisa menjadi satu model maka seluruh BUMN akan mengikuti jejak seperti ini," ujar Ahok.



[Gambas:Video CNBC]

(Wilda Asmarini/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading