Bisa Bikin Jokowi Happy, Ini Kabar Baik dari Kang Emil

News - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
11 August 2020 12:22
Keterangan Pers Presiden RI Jokowi, Bandung, 11 Agustus 2020. (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyampaikan kabar baik kepada Presiden Jokowi soal selesainya proyek Tahap I Pelabuhan Patimban di Subang Jawa Barat. Proyek pelabuhan besar di Pantura Jabar ini sudah lam ditunggu-tunggu oleh Jokowi bisa tuntas Juni 2020.

"Kemarin saya ke Patimban, kalau berkenan bapak (Jokowi) meresmikan pada November 2020, memberikan semangat karena orang sudah lelah terkait Covid-19 jadi kalau ada. Berita baik menyemangati," kata pria yang biasa disapa Kang Emil ini di depan Presiden Jokowi saat tinjauan di Pabrik Biofarma, Selasa (11/8).

Sebelumnya Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi optimistis proyek Pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat dapat diselesaikan untuk tahap I pada bulan Oktober 2020, sehingga bisa dilakukan soft launching pada November 2020.


"Kami berharap semua pihak kerja keras agar Pelabuhan Patimban ini mulai dapat beroperasi pada November 2020," kata Menhub Budi usai meninjau langsung lokasi proyek pembangunan Pelabuhan Patimban, Jawa Barat, Minggu (9/8) bersama Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

"Beberapa pekerjaan saat ini masih dalam proses yang harus segera difinalisasi seperti ramp on/ramp off dari jalan akses, penetapan alur pelayaran dan perairan pandu, pemilihan operator, dan sejumlah hal lainnya. Diharapkan semuanya dapat selesai tepat waktu," ungkap Menhub.

Pembangunan Pelabuhan Patimban dilaksanakan dalam 3 Tahap. Tahap pertama, Pelabuhan Patimban direncanakan akan dapat melayani 3.75 juta peti kemas (TEUS). Tahap kedua, kapasitas pelayanan akan meningkat menjadi 5.5 Juta TEUS dan pada tahap ketiga akan meningkat kembali hingga 7 juta TEUS.

Secara umum, Pelabuhan Patimban akan melayani jenis muatan Peti Kemas dan Kendaraan Bermotor (Car Terminal) yang diangkut menggunakan kapal-kapal berukuran besar.

Car Terminal ini nantinya memiliki kapasitas tampung hingga 600 ribu kendaraan per tahun pada kondisi ultimate (sudah selesai seluruhnya).
Sebelumnya pada akhir November 2019, Presiden Joko Widodo meninjau langsung proyek pembangunan pelabuhan tersebut. Saat itu proyek ditargetkan tuntas pada Juni 2020, tapi akhirnya sedikit molor.

"Progresnya [proyek Pelabuhan Patimban] ini bagus dan kita harapkan tahapan pertama nanti akan kita selesaikan pada Juni 2020," kata Jokowi kala itu.


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading