Doni Ingatkan Protokol Kesehatan Harga Mati Saat Iduladha

News - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
30 July 2020 12:52
Doni Monardo - Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19

Jakarta, CNBC Indonesia - Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Letnan Jenderal TNI Doni Monardo angkat suara jelang Hari Raya Iduladha 1441 Hijriyah yang jatuh pada Jumat (31/8/2020). Menurut Doni, Iduladha tahun ini menjadi momentum untuk meningkatkan kedisiplinan.

"Saya ingin mengingatkan selama pandemi masih berlangsung pelaksanaan protokol kesehatan adalah harga mati," katanya dalam video conference di Graha BNPB, Jakarta, Kamis (30/7/2020).

Doni bilang kedisiplinan adalah hal yang mutlak. Tujuannya agar lingkungan dan tempat tinggal tidak menjadi penambahan klaster baru. Selanjutnya, dia juga berharap agar hari raya Iduladha ini menjadi momentum yang tepat untuk berbagi.

"Bahwa pandemi ini telah mengakibatkan terjadinya PHK bagi banyak saudara kita. Maka dari itu momentum idul kurban adalah saat yang tepat berbagi meringankan saudara kita berpotensi tak mendapat asupan makanan sehat dan bergizi," ujar Doni.‚Ä®

Menteri Agama RI Jenderal TNI (Purn) Fachrul Razi menegaskan pentingnya menjaga protokol kesehatan. Meski kondisi saat ini, kata Fachrul, lebih baik dibanding hari raya Idulfitri yang lalu.

"Menyambut ibadah kurban, Kemenag mengeluarkan panduan yang tertuang dalam Surat Edaran Nomor 18/2020, penyelenggaraan Iduladha dan hewan kurban 2020 masehi menuju masyarakat produktif dan aman," ujarnya.

Fachrul menjabarkan, pada prinsipnya salat Iduldha sudah bisa dilakukan di lapangan, kecuali di daerah tertentu yang tidak dibolehkan oleh pemerintah daerah atau gugus tugas karena alasan tidak aman. Menurut dia, yakinkan lingkungan aman dari Covid-19.

Batasi pintu jalan masuk untuk pengecekan suhu tubuh, bawa peralatan salat sendiri, masker, tidak usah berpelukan dan bersalaman, perpendek pelaksaan solat dan khutbah tanpa mengurangi syarat dan rukun.

"Pemotongan hewan dengan mentaati protokol kesehatan, petugas pakai masker, jaga jarak. Daging kurban diantar ke alamat penerima," kata Fachrul.



[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading