Agar Covid-19 Terkendali, Ini 3 Saran CT untuk Pemerintah

News - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
26 July 2020 18:14
Chaiman & Founder CT Corp, Chairul Tanjung  mengahadiri soft launching CNBC Indonesia di Hotel Raffles, Jakarta, Kamis (8/2/2018). (CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Tidak dipungkiri wabah virus corona membawa dampak buruk bagi perekonomian Indonesia. Namun bukan berarti tidak ada solusi untuk mengatasinya.

Pengusaha dan Chairman CT Corp, Chairul Tanjung (CT) pun memberikan beberapa saran kepada pemerintah dalam membuat kebijakan ekonomi dim tengah pandemi. Menurutnya setiap kebijakan dibuat disesuaikan berdasarkan informasi yang diterima namun dengan pertimbangan lain.

"Tentu setiap kebijakan itu dibuat disesuaikan dengan style dan orang buat. Karena tidak sama dan melihat sesuatu bisa dibuat berdasarkan informasi diterima. Tapi ada pertimbangan lain," kata Chairul Tanjung saat acara Talkshow Virtual Alumni Mahasiswa Teladan Nasional 1987, Minggu (26/7/2020).


Founder CT Corp ini pun memiliki 3 saran untuk pemerintah yakni :

Pertama, Menyelesaikan masalah kesehatan. Artinya pemerintah harus memberikan perlindungan sosial bagi mereka yang membutuhkan. Dia menyarankan saat ini untuk memperbanyak swab test, PCR, tanpa terkecuali terutama orang berisiko tinggi.

"Dengan begitu secepatnya kita mengetahui orang-orang terinfeksi. Mayoritas terinfeksi tanpa gejala. Ini bisa menginfeksi yang lain," kata dia.

Kedua, Dia mengatakan bahwa orang yang terinfeksi tidak boleh dikarantina namun menyediakan tempat khusus.

"Saran saya orang positif tidak boleh dikarantina. Disediakan di tempat khusus. Dengan begitu masyarakat aman dan tahu bahwa di luar itu bersih. Jadi aktivitas ekonomi lancar," papar dia.

Ketiga, CT menyarankan bahwa setiap bantuan yang disalurkan sebaiknya tepat sasaran. "Saya sarankan tepat sasaran pada penerimaan bantuan. Ini poin bagaimana recovery ekonomi berjalan dengan baik," ujarnya.

"Selain itu, perlu adanya leadership supaya tidak lagi 1 institusi punya pemikiran sendiri yang akibatnya saling mengunci. Ini akan makin baik dan masalah cepat teratasi," papar dia.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading